Hoaks Fakta Sepekan, Mobil Masuk Jurang hingga Poster DPO Veronica Koman

Kompas.com - 07/09/2019, 21:01 WIB
Ilustrasi hoaks FreepikIlustrasi hoaks

KOMPAS.com - Maraknya isu hoaks, misinformasi, dan disinformasi masih kerap ditemui di sejumlah media sosial dan aplikasi pesan WhatsApp hingga hari ini.

Adapun penyebaran isu hoaks ini menumbulkan kecemasan dan keresahan bagi pembacanya.

Tak hanya pihak pembacanya yang dirugikan, adapun pihak lain yang terlibat dalam informasi hoaks tersebut juga dirugikan.

Oleh karena itu, pembaca sebaiknya bersikap selektif dan cermat dalam memilih dan memilah informasi yang diperoleh.

Dalam pekan ini, Kompas.com telah merangkum ada dua hoaks, satu fakta, dan satu klarifikasi yang beredar pada 2-7 September 2019. Berikut rinciannya:

1. Mobil Berjalan Sendiri dan Masuk Jurang

Sebuah video yang menampilkan mobil terperosok ke jurang ramai diperbincangkan di media sosial pada Selasa (3/9/2019).

Berdasarkan keterangan video, disebutkan bahwa mobil berjalan sendiri lalu masuk ke jurang.

Adapun kejadian ini diduga berawal karena sopir lalai memasang rem tangan saat berhenti parkir di Jalan Pusuk, Lombok Utara.

Meski dalam video tidak begitu jelas memperlihatkan fisik mobil, namun sejumlah pengendara lain turut menghentikan kendaraannya untuk menonton mobil yang masuk ke jurang sedalam 40 meter.

Menanggapi hal itu, Kasatlantas Polres Lombok Utara AKP I Made Astina mengungkapkan bahwa kejadian itu benar terjadi di Lombok Utara dan kecelakaan ini diduga lantaran rem tangan yang tidak dipasang oleh pengemudi.

Sementara, mobil yang terperosok ini membuat proses evakuasi dibantu dengan alat berat.

Astina menjelaskan bahwa pengemudi sempat berupaya menghentikan laju mobil, namun pengemudi justru ikut terseret dalam jurang.

Baca juga: [FAKTA] Mobil Berjalan Sendiri dan Masuk Jurang

2. Pemutihan SIM untuk Smart SIM Berlaku Mulai 25 Agustus 2019

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X