Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Kesepian di Malam Minggu, Ini Cara Mengatasinya...

Kompas.com - 07/09/2019, 18:13 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com - Semua manusia pasti pernah merasakan momen-momen kesepian. Apalagi, di malam minggu seperti ini biasanya banyak orang yang merasa sepi karena tak memiliki aktivitas apapun atau seseorang yang menemani.

Saat-saat merasa sepi, media sosial biasanya menjadi tempat pelampiasan. Tak jarang, kita akan menemui curhatan-curhatan galau sebagai pelampiasan rasa sepi.

Padahal, penggunaan media sosial justru memicu rasa kesepian yang lebih mendalam.

Hal ini juga telah terbukti dalam riset yang diterbitkan American Journal of Preventive Medicine.

Psikolog sosial Sherry Turkle juga berpendapat adanya hiperkoneksivitas melalui media sosial justru membuat seseorang menjadi lebih terasing satu sama lain dalam kehidupan nyata.

Kabar buruknya, penelitian telah menemukan bahwa rasa kesepian dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sepertiga orang yang kesepian juga rentan memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang merasa bahagia karena dikelilingi teman atau keluarganya.

Namun, rasa kesepian ini bisa dihilangkan dan dicegah. Meski bersifat sementara, kesepian justru menjadi sinyal bagi diri kita untuk mencari teman baru atau memperdalam hubungan kita dengan orang terdekat.

Kesepian bisa kita atasi dengan membuat perubahan dari dalam diri sendiri. melansir Hello Sehat, berikut hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengusir kesepian:

1.  Menyibukan diri

Salah satu cara termudah untuk mengurangi kesepian adalah dengan menyibukkan diri. Kita bisa melakukan kegiatan seperti merawat orang lain, entah itu dengan mengasuh anak atau keponakan sehingga kita merasa sibuk dan melupakan rasa kesepian.

Baca juga: 5 Penyakit yang Perlu Diwaspadai akibat Kabut Asap

Kita juga bisa menawarkan diri sebagai relawan di lingkungan tempat ibadah, sekolah khusus, rumah singgah, yayasan, dan lain sebagainya. Jika kita punya hobi menulis, isi waktu dnegan membuat cerita atau menulis blog.

 2. Berpikir optimis

Orang kesepian sering takut dirinya akan ditolak saat berkenalan dengan orang baru. Daripada memikirkan hal-hal yang belum tentu, lebih baik fokus pada upaya untuk mengusir rasa sepi ini.

3. Terlibat dengan komunitas

Terlibat dalam suatu komunitas tertentu membuat kita bertemu banyak orang dan tentunya tak lagi merasa sendiri. Cari tahu aktivitas yang akan melibatkan kita ke dalam komunitas. 

Ada banyak cara untuk terlibat dengan komunitas tertentu, yang memungkinkan kita untuk mendapat teman-teman baru.

4. Merawat binatang peliharaan

Riset membuktikan, hewan peliharaan bisa menjadi teman untuk mengusir rasa sepi. Penelitian lainnya juga menyebutkan pemilik hewan peliharaan memiliki keterampilan sosial dan komunikasi yang lebih baik.

Riset 2016 juga mengungkapkan orang dewasa tua yang merawat hewan peliharaan mengalami penurunan depresi dan mengalami perbaikan fungsi kognitif dalam waktu 8 minggu sejak awal percobaan.

Namun, jangan sembarangan memelihara hewan hanya sebagai hiburan. KIta juga harus berkomitmen untuk merawatnya, membesarkan, memberi makan, dan memenuhi segala kebutuhan hewan peliharaan kita.

Baca juga: Soal Kabut Asap, 5 Tanaman Hias Ini Bantu Bersihkan udara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com