[FAKTA] Mobil Berjalan Sendiri dan Masuk Jurang

Kompas.com - 05/09/2019, 14:25 WIB
Situasi pasca jatuhnya sebuah mobil yang terperosok Kejurang diduga sopir tidak memasang  rem tangan saat parkir. Dok Kasatlantas Lombok UtaraSituasi pasca jatuhnya sebuah mobil yang terperosok Kejurang diduga sopir tidak memasang rem tangan saat parkir.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
fakta

fakta!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini benar.

KOMPAS.com - Video yang memperlihatkan sebuah mobil masuk ke jurang viral di media sosial.

Dari video yang beredar, jurang tersebut terlihat dipenuhi pepohonan sehingga mobil hampir tak terlihat karena tertutup daun-daun.

Peristiwa disebutkan terjadi pada Selasa (3/9/2019).

Narasi yang beredar

Dari keterangan yang mengikuti video yang beredar, disebutkan bahwa mobil berjalan sendiri lalu masuk jurang.

Peristiwa ini diduga terjadi karena sopir lalai memasang rem tangan ketika berhenti parkir di Jalan Pusuk, Lombok Utara, pada Selasa (3/9/2019).

Dalam video ini terlihat beberapa pengendara memberhentikan kendaraannya dan melihat mobil yang masuk ke jurang sedalam 40 meter tersebut. 

Video ini disukai lebih dari 4.500 kali dan mendapatkan puluhan komentar.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

(03/09) Sebuah mobil yang sedang terparkir jatuh ke jurang yang berlokasi di daerah Pusuk, Lombok Utara. Kejadian terjadi siang ini sekitar pukul 13.50 WITA. Menurut teman korban @edisurf2399 , Setelah memarkir, seluruh penumpang sudah turun dari mobil untuk berfotoan dan membeli makanan. Kurang lebih 10 menit kemudian dua truk atau mobil besar melintas sehingga membuat jalan di lokasi bergetar. Korban yang merupakan pengemudi mobil sudah menahan rem dengan tangannya sendiri namun karena getaran cukup keras memungkinkan rem lepas dan mengakibatkan mobil tersebut jalan tak terkendali. Sehingga korban ikut terjatuh di dalam mobil saat hendak menahannya. Korban sudah dievakusi dan langsung diberikan perotolongan pertama di lokasi kejadian.

Sebuah kiriman dibagikan oleh INSIDE LOMBOK (@insidelombok) pada 3 Sep 2019 jam 12:17 PDT

Penelusuran Kompas.com

Kasatlantas Polres Lombok Utara AKP I Made Astina membenarkan peristiwa ini.

Menurut Astina, kecelakaan diduga lantaran rem tangan yang tak dipasang oleh pengemudi.

"Betul sopir lalai saat parkir sehingga mobil jalan sendiri, diduga tidak memasang rem tangan," kata Astina, Selasa (3/9/2019) malam.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X