Dongkrak Produktivitas Kerja dengan Sarapan Sehat

Kompas.com - 03/09/2019, 07:46 WIB
Ilustrasi sarapan GeorgeRudyIlustrasi sarapan

KOMPAS.com - Jadwal yang padat, serta rutinitas pekerjaan seringkali membuat kita merasa jenuh. Akibatnya produktivitas kerja pun menurun.

Salah satu cara untuk mengatasi turunnya produktivitas, adalah memilih menu sarapan yang sehat sebelum memulai pekerjaan.

Sarapan adalah salah satu kunci untuk memulai hari yang penuh energi. Selain itu, sarapan juga sangat membantu tubuh agar berfungsi dengan baik.

Menurut praktisi kebugaran Jansen Ongko, sarapan memenuhi sekitar 15 hingga 30 persen kebutuhan gizi harian dan membantu memupuk kebiasaan pola makan yang cerdas.

Melewatkan sarapan justru membuat tubuh kurang bersemangat dan sulit konsentrasi yang pada akhirnya mempengaruhi produktivitas kerja kita.

Panduan sarapan sehat

Untuk memacu produktivitas di kantor, kita harus memulai hari dengan sarapan sehat.

Menurut ahli gizi , Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, menu sarapan sehat adalah yang mengandung karbohidrat kompleks, lemak tak jenuh, proteon, serat, vitamin dan mineral.

Kita bisa mendapatkan asupan karbohidrat kompleks dari makanan seperti oatmeal, gandum, biji-bijian, dan nasi merah. Untuk lemak tak jenuh, kita bisa memperolehnya dari kacang-kacangan.

Telur dan daging juga menjadi menu sarapan yang kaya akan protein. Lalu, konsumsilah sayur dan buah untuk mendapatkan asupan serat, vitamin serta mineral penting.

Semua gizi tersebut harus terpenuhi saat sarapan agar tubuh tetap bugar dan konsentrasi tetap terjaga. Selain kandungan nutrisi, kita juga perlu memperhatikan porsi sarapan kita.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X