Kerusuhan di Papua Barat Mereda, Pasar hingga Bank Kembali Beroperasi

Kompas.com - 20/08/2019, 12:58 WIB
Aparat TNI AD sedang membersihkan pecahan kaca yang masih berserakkan di ruas Jalan Yos Sudraso, pasca-kerusuhan di Manokwari, Selasa (20/8/2019). KOMPAS.com/ BUDY SETIAWANAparat TNI AD sedang membersihkan pecahan kaca yang masih berserakkan di ruas Jalan Yos Sudraso, pasca-kerusuhan di Manokwari, Selasa (20/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com – Situasi keamanan di wilayah Manokwari, Papua Barat, sudah kembali normal, Selasa (20/8/2019).

Sebagaimana dilaporkan jurnalis KompasTV Budi Setiawan, masyarakat sudah dapat menjalani aktivitas kembali setelah sempat lumpuh akibat demonstrasi pada Senin (19/8/2019).

Sejumlah fasilitas publik dan pertokoan yang sempat tutup dan berhenti beroperasi sudah dikembali. Begitu pula dengan pusat perbelanjaan sudah dibuka dan warga bisa belanja kebutuhannya dengan normal.

Meski begitu, masih ada sebagian toko yang tutup sejak kemarin hingga Selasa pagi. Kemungkinan, mereka masih trauma dengan kejadian yang cukup menakutkan kemarin.
Sementara itu, aktivitas perbankan belum sepenuhnya kembali normal.

Baca juga: Kerusuhan di Manokwari, Kondisi Hotel Aman

Bank sudah bisa melayani masyarakat, namun masih terbatas. Sebab, pagar bank hanya dibuka sebagian.

Untuk aksi unjuk rasa, Budi melaporkan tak terlihat ada massa yang berkumpul. Lagi pula, Pemda setempat sudah mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aksi anarkistis yang merugikan masyarakat.

Meski sudah tak ada aksi unjuk rasa, pengamanan tetap disiagakan. Terutama di kantor pemerintahan Manokwari dan perbankan.

Baca juga: Pasca-kerusuhan Manokwari, Kesaksian Warga Papua di Surabaya hingga Tolak Hoaks

Begitu pula situasi di Jayapura yang sempat terjadi ricuh kemarin. Saat ini, suasananya sudah kembali kondusif. Sejumlah toko, bank, dan hotel yang berada di jalan utama kembali dibuka.

Universitas Cendana yang sempat ditutup, sudah dibuka kembali dan aktivitas belajar sudah normal.

Jurnalis KompasTV, Vidi Batlolone, melaporkan, di kantor Gubernur Papua Lukas Enembe yang kemarin dipadati massa, kini sudah kosong.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X