Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Manfaat Air Rebusan Jahe, Serai, dan Gula Merah, Kendalikan Lapar dan Redakan Nyeri

Beberapa orang tak jarang menambahkan gula merah untuk memberikan rasa manis.

Dikutip dari Netmeds, gula merah memiliki nutrisi utama seperti kalsium, zat besi, seng, tembaga, fosfor, dan kalium yang tidak dimiliki gula putih. Dengan begitu, gula merah bisa menjadi pilihan yang lebih sehat.

Lantas, apa saja manfaat air rebusan jahe, serai, dan gula merah?

Manfaat air rebusan jahe, serai, dan gula merah

1. Mengobati mual

Air rebusan jahe, serai, dan gula merah dapat mengobati mual, khususnya bagi perempuan yang sedang berada di trimester pertama kehamilan.

Jahe adalah rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai obat herbal dan sudah terbukti ampuh untuk mengurangi mual, kembung, dan muntah.

Ulasan yang diterbitkan dalam Integrative Medicine Insights edisi 2016 menyebutkan, banyak penelitian menunjukkan hasil positif terkait peran jahe dalam mengurangi mual dan muntah.

Ulasan lainnya yang diterbitkan dalam jurnal Foods edisi Juni 2019 menyebut aktivitas antioksidan dan antiinflamasi jahe dapat membantu mencegah atau meringankan sejumlah penyakit kronis.

2. Mengurangi peradangan

Dilansir dari Kompas.com (16/9/2022), air rebusan jahe, serai, dan gula merah mengandung antioksidan kuat yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Pasalnya, radikal bebas dapat memicu peradangan tubuh dan beberapa penyakit kronis lainnya.

Selain itu, rempah-rempah tersebut juga memiliki sifat antiinflamasi yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan tubuh.

Biasanya, peradangan terjadi akibat dari infeksi bakteri, pola makan yang kurang sehat, serta alergi.

3. Menyehatkan pencernaan

Manfaat selanjutnya dari air rebusan jahe, serai, dan gula merah adalah dapat membantu sistem pencernaan seperti meredakan sakit perut, kram perut, dan beberapa masalah pencernaan lainnya.

Menurut sebuah penelitian, serai juga baik untuk mengatasi tukak lambung dan melindungi lapisan lambung dari kerusakan.

4. Menjaga kesehatan jantung

Baik jahe maupun serai, keduanya telah terbukti dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dan trigliserida dalam tubuh.

Sebauh tinjauan terhadap 26 percobaan yang dilakukan pada 2022 menemukan, konsumsi jahe secara signifikan mengurangi trigliserida dan kolesterol LDL, sekaligus meningkatkan kolesterol HDL. 

Bahkan efek tersebut juga ditemukan di dosis yang kurang dari 1.500 mg per hari yang terbukti efektif.

Pasalnya, kolesterol tinggi sering kali menjadi faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Oleh karena itu, dengan menjaga kadar kolesterol dalam batas normal, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung yang serius.

5. Meredakan nyeri menstruasi

Air rebusan jahe, serai, dan gula merah diklaim bisa untuk mengatasi nyeri dan kram pada wanita yang sedang mengalami haid.

Air rebusan rempah tersebut membantu meredakan gejala Premenstrual Syndrom (PMS), seperti kembung, kram perut, dan hot flashes.

Sifat antiinflamasi yang dimiliki serai dapat berperan dalam meredakan gejala tersebut dan membuat menstruasi lebih nyaman.

Sementara itu, gula merah juga sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan ketidaknyamanan menstruasi, dikutip dari Netmeds.

Manfaat tersebut diperoleh dari senyawa potasium dalam gula merah yang membantu melawan kram otot.

6. Menurunkan berat badan

Menambahkan gula merah ke dalam air rebusan jahe dan serai dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. 

Gula merah merupakan gula yang rendah kalori dibandingkan gula pasir putih. Satu sendok gula merah (sekitar 5 gram) akan mengandung sekitar 20 kalori.

Lantaran mengandung kalori yang lebih rendah, gula merah dapat memicu metabolisme dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Selain itu, gula merah dapat mengendalikan rasa lapar sehingga bisa membantu dalam upaya penurunan berat badan.

Sementara itu, sebuah ulasan 2019 menyimpulkan, suplementasi jahe secara signifikan mengurangi berat badan, rasio pinggang-pinggul, dan rasio pinggul pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Kemampuan jahe dalam memengaruhi penurunan berat badan mungkin disebabkan oleh mekanisme tertentu, seperti potensinya mengurangi peradangan.

https://www.kompas.com/tren/read/2024/03/18/083000565/6-manfaat-air-rebusan-jahe-serai-dan-gula-merah-kendalikan-lapar-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke