Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ras Kucing Paling Umum di Dunia, Apa Saja?

KOMPAS.com - Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang memiliki cukup banyak ras atau jenis.

Selain ras aslinya, beberapa jenis kucing dihasilkan oleh adanya perkawinan silang antar ras, sehingga menghasilkan jenis yang baru.

Berbicara tentang ras kucing, tidak ada angka pasti untuk menentukan jumlah dari ras kucing yang ada di dunia.

Sebab, untuk mengetahui berapa banyak ras kucing yang ada, jumlahnya akan bervariasi tergantung pada sumber yang Anda gunakan.

Berapa jumlah ras kucing di dunia?

Dilansir dari laman Pets Radar, jumlah ras kucing di dunia bisa berbeda-beda oleh setiap asosiasi.

Misalnya, Asosiasi Pemelihara Kucing (CFA) mengakui 45 ras, Asosiasi Kucing Internasional (TICA) mengakui 73 ras.

Selain itu, Fédération Internationale Féline mengakui 48 ras berbeda yang telah dipecah menjadi empat kategori.

Alasan utama mengapa setiap asosiasi memiliki jumlah yang berbeda adalah karena mereka mengkualifikasi ras kucing dengan cara yang berbeda.

Misalnya ada asosiasi tidak mengakui ras hibrida atau yang memiliki genetika kontroversial. Ada juga yang mencantumkan beberapa jenis kucing berbeda di bawah satu klasifikasi.

Sedangkan yang lain tidak akan menerima ras ke dalam daftar sampai garis keturunan mereka dapat ditelusuri kembali ke sejumlah generasi.

Dari berbagai banyak ras kucing yang ada, beberapa diantaranya memiliki jumlah anggota yang banyak, dan sebagian lain termasuk ras yang langka.

Lantas, ras kucing mana saja yang paling umum di dunia?

Ras kucing paling umum di dunia

Dilansir dari laman PetKeen, berikut adalah beberapa ras kucing paling umum yang ada di dunia:

Kucing Shorthair Domestik adalah kucing apa pun dengan bulu pendek yang bukan milik atau tidak masuk dalam kategori ras kucing mana pun yang dikenal.

Mereka berbeda dari ras “Shorthair” lainnya, seperti British Shorthair atau American Shorthair.

2. Longhair domestik

Sama seperti Shorthair domestik, kucing Longhair domestik adalah semua kucing berbulu panjang yang tidak masuk dalam kategori ras kucing mana pun yang dikenal.

Mereka memiliki bulu semi-panjang atau panjang dan berbeda dari ras “longhair” lainnya, seperti British Longhair dan American Longhair.

Ragdolls termasuk ras kucing paling populer di dunia. Kucing cantik ini dikenal karena ukurannya yang besar, berbulu panjang, dan mata biru yang tajam.

Mereka adalah jenis kucing jinak dan penuh kasih sayang. Ini menjadikan mereka kucing pangkuan dan teman berbulu yang ideal.

4. Persia

Ras Persia juga merupakan salah satu ras kucing paling populer di dunia. Sifat lembut dan kepribadian yang santai membuat mereka sangat digemari.

Kucing ini memiliki bulu yang indah, panjang, lembut, dan mata besar yang ekspresif. Ini membedakan mereka dari ras kucing lainnya.

Maine Coon adalah jenis kucing besar yang dikenal dengan ciri telinga berumbai. Ras ini termasuk kucing peliharaan yang paling populer.

Maine Coon adalah ras yang ramah, cerdas, setia, dan penuh kasih sayang yang suka mengikuti pemiliknya dari kamar ke kamar.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/08/03/184500565/5-ras-kucing-paling-umum-di-dunia-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke