Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Link, Syarat, dan Cara Daftar, Seleksi Sekolah Kedinasan 2023

KOMPAS.com - Calon praja, taruna, dan mahasiswa yang ingin mendaftar sekolah kedinasan dapat mendaftarkan diri mulai Sabtu (1/4/2023).

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah mengumumkan pembukaan seleksi sekolah kedinasan 2023.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa Pemerintah sudah memetakan 4.138 kebutuhan sekolah kedinasan yang tersebar di tujuh instansi.

Seleksi sekolah kedinasan 2023 akan berakhir pada 30 April 2023 dan calon praja, taruna, dan mahasiswa bisa mendaftarkan diri secara online.

Berikut informasi pendaftaran dan sistem penilaian seleksi sekolah kedinasan 2023.

Daftar sekolah dinas yang buka seleksi

Dilansir dari laman Kementerian PAN-RB, ada 29 sekolah kedinasan di bawah tujuh instansi yang membuka pendaftaran seleksi tahun ini.

Berikut daftar sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran seleksi beserta kuotanya:

Jadwal pendaftaran sekolah kedinasan 2023

Anas meminta calon taruna, praja, dan mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebelum mengikuti seleksi sekolah kedinasan 2023.

"Masyarakat agar menyiapkan diri dan dokumen yang diperlukan dalam seleksi sekolah kedinasan ini," ujarnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Iswinarto Setiaji mengatakan bahwa calon taruna, praja, dan mahasiswa bisa mendaftarkan diri secara online.

Caranya dengan mengunjungi laman https://dikdin.bkn.go.id untuk menyimak syarat, tahapan, daftar nama sekolah kedinasan, FAQ, dan informasi lainnya.

"Dapat kami sampaikan bahwa seluruh proses pendaftaran Sekolah Kedinasan tahun 2023 dapat diakses informasinya melalui https://dikdin.bkn.go.id dan website resmi instansi atau sekolah kedinasan masing-masing," kata Iswinarto dikutip dari Kompas.com.

"Mohon mengecek berkala laman-laman resmi tersebut untuk informasi terbaru," tambahnya.

Berikut jadwal pendaftaran sekolah kedinasan 2023:

  • Pengumuman pendaftaran seleksi sekolah kedinasan: 23 Maret 2023
  • Pendaftaran seleksi sekolah kedinasan: 1 April (14:29 WIB) sampai 30 April 2023 (23:59 WIB)
  • Pelaksanaan Ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2023 (bersifat tentatif)
  • Pelaksanaan Seleksi lanjutan diatur oleh masing-masing Sekolah Kedinasan.

Perlu dicatat bahwa pendaftaran STAN, Poltek SNN, Polstat STIS, Poltekip, Poltekim, dan STIN dibuka pada 1 April 2023 pukul 14:23 WIB.

Sementara ada penambahan satu sekolah kedinasan, yakni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang membuka seleksi bagi calon praja pada 3 April 2023 pukul 16.00 WIB.


Cara daftar seleksi sekolah kedinasan 2023

Calin taruna, praja, dan mahasiswa wajib memahami cara daftar seleksi sekolah kedinasan 2023.

Simak penjelasannya di bawah ini:

Tes dan sistem penilaian seleksi sekolah kedinasan 2023

Anas meyakini bahwa seleksi sekolah kedinasan 2023 berlangsung secara transparan dan objektif berdasarkan kemampuan calon taruna, praja,d an mahasiswa.

Ia juga mengatakan, tidak akan ada calo atau bentuk kecurangan lainnya dan proses penilaian dibangun dengan sistem yang transparan.

"Bahkan nilainya bisa dilihat secara real-time. Jadi jangan percaya kalau ada yang menjanjikan bisa memasukkan ke sekolah-sekolah kedinasan," katanya.

Dalam hal ini, calon taruna, praja, dan mahasiswa wajib melalui Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk menentukan lolos atau tidaknya mereka pada pendaftaran kali ini.

Nantinya, seleksi menggunakan Computer Assisted Test (CAT) untuk mengurangi potensi kecurangan.

Ada beberapa materi yang diujikan seperti tes karakteristik pribadi (TKP), tes intelegensia umum (TIU), dan tes wawasan kebangsaan (TWK).

Calon taruna, praja, dan mahasiswa dinyatakan lolos SKD apabila memperoleh nilai yang memenuhi ambang batas dan berada di peringkat terbaik.

Jika nilai SKD dan peringkat tiga kali jumlah formasi juga sama, hasil SKD di dilakukan berurutan dari TKP, TIU, dan TWK.

Masing-masing sekolah kedinasan juga berhak menentukan seleksi lanjutan bagi calon taruna, praja, dan mahasiswanya.

Informasi lengkap soal sistem penilaian seleksi sekolah kedinasan 2023 dapat dicek di link ini: Nilai Ambang Batas SKD Sekolah Kedinasan 2023.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/04/01/140000365/link-syarat-dan-cara-daftar-seleksi-sekolah-kedinasan-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke