Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemilu 2024 Didominasi Pemilih Muda, Apakah Peta Politik Akan Berubah?

Dalam hal ini, pemilih muda didefinisakan sebagai warga berusia 17-39 tahun.

Menurut hasil survei tersebut, proporsi pemilih muda pada Pemilu 2024 diprediksi mendekati 60 persen atau sekitar 190 juta warga.

Dengan kondisi tersebut, apakah peta politik Pemilu 2024 akan berubah?

Pemilih muda bisa pengaruhi peta politik

Analis komunikasi politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan, perubahan demografi pemilih tersebut sangat mungkin akan memengaruhi peta politik Pemilu 2024.

Akan tetapi, perubahan atau pergeseran itu tidak akan terlalu signifikan.

Ia menjelaskan, perubahan signifikan baru akan terlihat, misalnya Prabowo Subianto tidak jadi maju menjadi calon presiden dari Partai Gerindra.

"Itu mungkin akan memengaruhi suara elektabilitas Gerindra atau kemudian dipaksakan Airlangga untuk jadi calon presiden, itu juga akan mengubah Golkar," kata Hendri kepada Kompas.com, Selasa (27/9/2022). 

Menggaet pemilih muda

Untuk menggaet para pemilih muda ini, Hendri menilai partai bisa memberikan ruang dan peran luas kepada mereka.

"Jadi buka saja ruang diskusi anak-anak muda seluas-luasnya. Itu yang paling ampuh," jelas dia.

Hendri menuturkan, partai-partai akar rumput seperti PDI-P dan PKS mungkin akan tetap stabil dan tidak banyak terpengaruh oleh perubahan demografi pemilih ini.

Hal senada juga kemungkinan akan dialami oleh PKB yang masih menjadi satu-satunya partai politik untuk Nahdliyin.

Namun, nasib berbeda kemungkinan akan dialami oleh PAN dan PPP.

"Karena akrobat PPP yang masuk dalam partai penguasa justru tidak menguntungkan mereka secara elektabilotas, mereka turun terus bahkan hampir tidak lolos ke Senayan," ujarnya.

"Sementara PAN yang ditinggal Amien Rais, akan menemukan kesulitan yang lumayan besar kalau tidak berhasil melakukan gerakan-gerakan kampanye yang mumpuni," sambungnya.

Dalam melihat pergeseran peta politik, Hendri menyebut ada beberapa variabel tambahan yang harus dilihat, seperti kemantapan pilihan.

"Apakah sudah mantap atau masih berubah, terus kemudian kalau masih bisa berubah, kapan mereka menentukan, apakah saat di TPS atau H-3 atau saat kampanye," tuturnya.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/09/27/143000565/pemilu-2024-didominasi-pemilih-muda-apakah-peta-politik-akan-berubah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke