Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Tempat Wisata Yogyakarta Nol Biaya, Mana Saja?

KOMPAS.com – Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan beragam ciri khas tradisionalnya.

Jogja disebut-sebut sebagai kota yang mudah membuat orang jatuh rindu lantaran memiliki suasana yang nyaman sebagaimana slogannya “Jogja berhati nyaman”.

Mengenai tempat dolan, tak terhitung lagi jumlah titik wisata yang dimiliki oleh Yogyakarta. Mulai dari wisata kuliner, wisata alam, hingga wisata budaya.

Untuk Anda yang datang ke Yogyakarta, berikut ini sejumlah tempat wisata yang ada di Yogyakarta dengan nol biaya alias gratis, yang bisa didatangi:

1. Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta adalah salah satu tempat ikonik di Jogja yang bisa dikunjungi pengunjung. Untuk merapat ke tugu ini pengunjung tak memerlukan biaya alias gratis.

Saat berada di sini, pengunjung bisa berfoto-foto dengan latar tugu dan suasana salah satu sudut kota Jogja.

Namun usahakan tetap memperhatikan kondisi lalu lintas sekitar mengingat tugu ini berada tepat di tengah perempatan jalan.

Di sekitar tugu ini tersedia trotoar bagi pejalan kaki yang bisa dimanfaatkan bagi para turis untuk menikmati suasana sekitar Yogyakarta.

Saat sore menjelang, di sekitar tempat tersebut terdapat beberapa pilihan kuliner seperti kopi jos ataupun angkringan nasi kucing.

2. Alun-alun kidul

Alun-alun kidul atau Alkid merupakan tempat wisata malam yang cukup populer di Yogyakarta.

Meski demikian, saat siang atau sore hari pun alun-alun kidul juga ideal untuk dikunjungi.

Salah satu aktivitas di Alkid yang terkenal yang bisa dinikmati pengunjung adalah game menjajal berjalan kaki melewati pohon beringin kembar dengan mata tertutup.

Dikutip dari Kompas.com (14/05/2022), konon yang bisa melewati pohon tersebut dengan lurus sembari menutup mata, impian dan tujuan hidupnya bisa tercapai.

Berwisata ke Alkid juga tak memerlukan biaya, alias nol biaya.

Meski demikian, tentunya lebih asyik kalau menyisihkan uang untuk sekedar membeli gorengan supaya bisa lebih bisa menikmati suasana Alkid di sore dan petang hari.

Di sekitar alun-alun banyak penjaja kuliner kaki lima yang menyediakan jajanan khas Jogja.

3. Malioboro

Wisata gratis selanjutnya adalah Jalan Malioboro. Saat ini setelah direvitalisasi, pedestrian Malioboro sudah bebas dari hiruk pikuk pedagang di sekitarnya.

Sehingga saat berkunjung kemari, pengunjung bisa bebas dan lapang jika ingin berjalan-jalan.

Adapun jika ingin membeli berbagai kerajinan atau souvenir khas Malioboro maka pengunjung bisa mengunjungi lokasi para pedagang Malioboro yang sudah direlokasi yang kini dibuatkan tempat tersendiri khusus para pedagang.

4. Bukit Bintang

Wisata nol rupiah di Yogyakarta selanjutnya adalah Bukit Bintang.

Saat berada di kawasan Bukit Bintang, wisawatan bisa melihat suasana kota Yogyakarta dari ketinggian.

Untuk menikmati Bukit Bintang dengan gratis, pengunjung bisa berdiri di sisi pinggir jalan raya sembari melihat ke arah perkotaan Yogyakarta

Meski demikian, jika ingin melihat pemandangan Yogyakarta dari ketinggian secara lebih nyaman, maka pengunjung bisa mampir ke beberapa warung yang berjajar di sana.

Menikmati lampu-lampu Jogja ditemani suguhan minuman dan makanan, tentunya akan lebih mengasyikkan.

Dikutip dari Kompas.com (17/03/2017), Bukit Bintang berlokasi di Jalan Wonosari-Pathuk, di mana lokasinya mudah dicapai karena berada di tepi jalan.

Tempat ini ketika sore tiba, memiliki pemandangan senja yang luar biasa indah dengan semburat cahaya matahari yang menentramkan.

5. Titik nol Yogyakarta

Titik nol kilometer Yogyakarta merupakan lokasi nol rupiah selanjutnya.

Kawasan ini merupakan terusan dari Jalan Malioboro, sehingga ketika mengunjungi Jalan Malioboro, pengunjung bisa meneruskan langkah sampai ke titik nol Yogyakarta.

Saat berada di kawasan titik nol kilometer ini, pengunjung bisa berfoto-foto dengan beberapa latar bangunan yang eksotis.

Salah satu bangunan favorit adalah Kantor Pos Besar Yogyakarta yang merupakan bangunan kuno yang sudah berdiri sejak zaman Belanda.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/06/21/093000065/deretan-tempat-wisata-yogyakarta-nol-biaya-mana-saja-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke