Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Trik Menyiasati Rumah Sempit dengan Warna Putih

Banyaknya pilihan warna kerap membingungkan, apalagi untuk ruangan yang sering Anda tempati di rumah, seperti ruang tamu.

Nah, kesulitan memilih warna untuk interior rumah bisa berkurang karena putih cocok dipadukan dengan berbagai macam warna.

Dibandingkan warna lainnya, putih adalah warna yang cenderung tak lekang zaman dan tak akan membuat Anda mudah bosan.

Ruang tamu serba putih dapat beradaptasi dengan hampir semua preferensi gaya, mulai dari bohemian, minimalis, hingga klasik.

Dilansir dari Hunker, berikut beberapa ide dekorasi ruang tamu serba putih yang dapat menjadi inspirasi Anda:

Kunci untuk mendesain ruangan serba putih adalah menjaga semuanya dalam nada warna yang sama.

Pendiri dan direktur kreatif Three Birds Renovations di Australia, Bonnie Hindmarsh, menyarankan penggunaan pelapis dinding, karpet lantai mewah, bantal anyaman, kain bordir, dan hiasan dinding yang menarik.

"Semuanya dalam beberapa variasi warna putih atau krem," imbuhnya.

Menurut Hindmarsh, lapisi karpet di atas kayu, sofa di atas karpet, dan bantal di sofa, saat Anda menyatukan semua warna putih.

Tujuannya untuk saling melengkapi dan menciptakan efek monokromatik agar tampilan menjadi segar dan klasik.

2. Putih dengan semburat warna halus

Sedikit semburat warna dapat langsung menambahkan daya tarik visual ke ruang tamu serba putih.

Yakni melalui nuansa merah muda yang halus, nada hijau yang direpresentasikan melalui tanaman, maupun rona hangat yang dipadukan dengan bahan-bahan alami.

Daleet Spector, desainer interior yang berbasis di Los Angeles, AS memberikan tips mengenai dekorasi ruang tamu serba putih dengan semburat warna halus.

"Pilih bahan seperti marmer atau beton untuk potongan aksen. Dasar lampu atau meja samping dari marmer atau beton akan menghiasi ruang tamu yang serba putih," ujar Spector.

Ia juga menyarankan untuk menggunakan bahan alami pada karpet, keranjang anyaman, atau bangku anyaman untuk menambahkan sentuhan kehangatan.

Gunakan tanaman hias untuk menambahkan sentuhan warna hijau, seperti misalnya pohon ara biola untuk menghias sudut ruangan dan menambah efek tinggi.

Perhatikan pula elemen lapisan dan tekstur. Ingatlah untuk menambahkan beberapa daya tarik melalui kain, bahan, dan potongan gaya yang berbeda, dan semburat hijau agar terlihat bagus.

Untuk menciptakan ide ruang tamu berwarna putih dengan suasana yang ramah dan nyaman, lihatlah tekstur mewah dan detail bohemian yang santai.

"Saat saya mendesain ruang tamu serba putih, saya suka memulai dengan sofa putih yang nyaman dan furnitur kayu ek ringan," kata desainer interior Olivia Stutz dari Olivia Stutz Design.

Pengaturan seperti itu, kata Stutz, mengubah sebuah ruangan dan membantu membawa gaya menjadi fokus sebagai ruang santai, putih, dan bersih.

Aksen seperti dekorasi dan objek harus berwarna putih, krem, atau kuningan. Sebab penggunaan terlalu banyak warna akan membuat ruangan kehilangan fokus.

"Jika Anda menginginkan ruang tamu serba putih, berkomitmenlah pada ide itu. Anda harus berkomitmen untuk sebagian besar furnitur di ruang tamu berwarna oak terang atau putih," ujarnya.

Stutz juga menyarankan Anda fokus pada karpet, yang merupakan kanvas untuk Anda dan harus ditampilkan sebagai warna terang.

4. Elemen tradisional dan modern

Ruangan bernuansa tradisional modern saat ini sedang digemaei dan ruang tamu adalah tempat yang tepat untuk mencoba tren ini.

Dimulai dengan furnitur klasik dan aksen elegan, Anda dapat memilih untuk menonjolkan nuansa modern melalui dekorasi, karya seni, dan pilihan pencahayaan yang sedikit menonjolkan kesan modern.

Ide ruang tamu putih dengan mudah cocok untuk pendekatan ini. Jordan Shifrin, desainer interior pemilik Jordan Shields Design memberikan tipsnya.

"Pastikan untuk membawa dan melapisi beberapa tekstur seperti karpet tebal, tirai dari lantai ke langit-langit, dan lampu yang berkarakter," saran Shifrin.

Jangan takut dengan warna putih pucat atau krem dan abu-abu yang halus. "Tidak apa-apa untuk mencampur beberapa putih dan krem halus atau abu-abu untuk membawa kehangatan," imbuhnya.

Kuncinya adalah memutuskan apakah Anda akan menggunakan nuansa warna dingin atau hangat dan menemukan warna putih yang cocok.

5. Putih dan kontemporer

Untuk ruang tamu serba putih, beberapa desainer menyarankan untuk merinci apa-apa saja yang dianggap penting. "Saya menggunakan daftar hal-hal penting untuk ruang tamu serba putih," kata Tali Roth dari Tali Roth Designs.

Tanyakan pada diri Anda, siapa yang akan menggunakan ruang ini dan bagaimana mereka akan menggunakannya. Jawaban atas pertanyaan ini akan menentukan pilihan kain dan tekstur yang sesuai.

"Perabotan lembut dan aksesori adalah landasan dari ruang serba putih. Pastikan karpet, bantal sofa, dan karya seni bertekstur dan tambahkan lapisan ke ruang," imbuhnya.

Pastikan juga Anda memiliki kain dan tekstur yang bisa dibersihkan dengan mudah.

Sumber: Hunker, Kompas.com (Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/19/104500665/5-trik-menyiasati-rumah-sempit-dengan-warna-putih

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke