Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beredar Kabar Sebagian Instansi Telah Mengumumkan Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021, Benarkah?

KOMPAS.com - Beredar kabar di media sosial yang menyebutkan sebagian instansi telah mengumumkan hasil seleksi administrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021.

Salah satu akun menyebarkan informasi tersebut di grup media sosial Facebook pada Sabtu (31/7/2021) pukul 20.22 WIB.

Ia juga membagikan tangkapan layar hasil seleksi administrasi dengan keterangan tidak lulus karena belum memenuhi persyaratan administrasi instansi yang dilamar.

Dijelaskan mengenai syarat administrasi apa saja yang tidak terpenuhi sehingga dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh verifikator.

Tertera pula waktu sanggah yang dapat diajukan pelamar, yakni hingga 7 Agustus 2021 pukul 23.59.

"Cek akun kamu, sebagian instansi sudah ada yang menampilkan hasil seleksi administrasi, sebelum keburu ditutup lagi (So sad kalau bgni) (CPNS Pemkab Sukoharjo)," tulis pemilik dalam unggahannya.

Lalu, benarkah sudah ada sebagian instansi yang telah mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS 2021?


Penelusuran

Karena disebutkan salah satu instansi yang sudah mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS 2021 ialah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo, Kompas.com mencoba menelusurinya melalui laman resmi, portal.sukoharjokab.go.id.

Namun, hingga Minggu (1/8/2021) pukul 09.00 WIB, belum terdapat informasi apa pun yang memuat soal hasil seleksi administrasi CPNS 2021.

Saat dikonfirmasi, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah Wisnu Zaroh mengaku justru belum mengetahui hal tersbut.

"Saya malah belum tahu. Intinya pengumuman hasil seleksi adminitrasi tanggal 2 dan 3 Agustus, provinsi tanggal 3 Agustus," kata Wisnu saat dihubungi Kompas.com, Minggu (1/8/2021).

Penjelasan BKN

Dihubungi terpisah, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Paryono juga sempat mencari informasi hasil seleksi administrasi CPNS 2021 di laman Pemkab Sukoharjo.

Akan tetapi, ia tidak mendapatinya.

"Yang pengumuman hasil seleksi administrasi ada enggak? Coba cari link-nya, aku cari kok gak nemu," tuturnya kepada Kompas.com, Minggu (1/8/2021).

Sehingga, dia berpesan agar para peserta CPNS 2021 sabar menunggu pengumuman secara resmi dirilis oleh masing-masing instansi.


Kapan hasil seleksi administrasi diumumkan?

Paryono menyatakan, pengumuman hasil seleksi administrasi akan mulai dilakukan besok, Senin (2/8/2021).

"Tunggu saja pengumuman hasil seleksi administrasi kan tanggal 2-3 Agustus 2021. Kemungkinan kalau yang belum mengumumkan tanggal 2, ya pengumuman dilakukan tanggal 3. Jadi 2 hari itu untuk pengumuman," ucapnya.

Sampai detik ini, ia dapat memastikan bahwa tidak ada perubahan waktu pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2021.

"Tidak (memajukan/mengundurkan pengumuman administrasi). Kecuali yang PPPK Guru Papua dan Papua Barat ya, belum tahu sampai kapan pendaftaran dan pengumuman seleksi administrasi karena kemarin sempat diundur," katanya.

Mengenai cara melihatnya, imbuh Paryono, peserta bisa mengakses laman SSCASN atau masing-masing instansi yang dilamar.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/01/120600565/beredar-kabar-sebagian-instansi-telah-mengumumkan-hasil-seleksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke