Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Brazil Setuju Impor Vaksin Sputnik V dari Rusia setelah Rapat 7 Jam

Badan pengatur kesehatan Brazil dilansir Antaranews, menyebutkan, persetujuan untuk mengeluarkan izin bersyarat bagi vaksin asal Rusia itu berdasarkan hasil musyawarah selama tujuh jam.

Persetujuan itu merupakan tindak lanjut dari rekomendasi yang dikeluarkan staf teknis sebelumnya pada hari yang sama.

Brazil juga memberikan izin untuk impor vaksin Covaxin yang dibuat Bharat Biotech, sebuah perusahaan yang berbasis di Hyderabad, India.

"Sputnik V akan tiba di Brazil pada Juli," demikian cuitan Kirill Dmitriev, kepala eksekutif Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF) dilansir Antaranews.

Organisasi RDIF sendiri merupakan lembaga yang memasarkan vaksin Sputnik V di luar negeri.

Sebelumnya, Anvisa juga mengeluarkan izin penggunaan darurat dua vaksin Covid-19 buatan Oxford AstraZeneca, dan Coronavac dari Sinovac.

Setelah izin dikeluarkan, tak berselang lama, program vaksinasi langsung dimulai dengan Monica Clazans, perawat dari Sao Paulo, sebagai penerima pertama vaksin Sinovac.

Calazas menangis terharu keitka mendapat suntikan vaksin Sinovac. Ia adalah satu dari sekian banyak tenaga kesehatan Brazil yang sangat rentan terpapar Covid-19.

"Anda tidak tahu betapa ini sangat berarti bagi saya," kata Calazans kepada Gubernur Sao Paulo, Joao Doria.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/06/133735065/brazil-setuju-impor-vaksin-sputnik-v-dari-rusia-setelah-rapat-7-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke