Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menanti Kepastian Pemberangkatan Jemaah Haji 2021...

Bagaimana dengan Indonesia, apakah ada pemberangkatan jemaah haji pada ibadah haji 2021?

Saat dikonfirmasi, Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Khoirizi, mengatakan, hingga harini belum ada kepastian mengenai kapan pemberangkatan haji akan dimulai kembali.

“Sementara ini, kami terus mengikuti perkembangan. Kami terus menunggu dari Saudi,” ujar Khorizi dihubungi Kompas.com, Kamis (20/5/2021).

Dengan belum adanya kepastian soal ini, maka jemaah calon haji yang seharusnya mendapatkan jadwal keberangkatan tahun ini belum bisa melakukan pengecekan di laman Kemenag.

Nantinya, penentuan keberangkatan jemaah menggunakan sistem proporsional. Mereka yang daftar lebih dulu akan berangkat duluan, sedangkan yang daftar belakangan akan berangkat berikutnya.

Akan tetapi, hal ini lagi-lagi menunggu dan menyesuaikan aturan dari Pemerintah Arab Saudi. 

“Kecuali Arab Saudi memberlakukan batas usia dan lain sebagainya, maka kita akan mengikuti seluruh regulasi yang diatur,” kata Khoirizi.

Sambil menunggu kepastian dari Pemerintah Arab Saudi, Kementerian Agama mengimbau agar calon jemaah menjaga istitoahnya. 

“Dimohon kepada jemaah untuk terus menjaga istitoahnya mulai dari istitoah ibadah, perjalanan, dan khususnya istitoah kesehatan mengingat hari ini pandemi Covid-19 masih terus mengancam kita semua, bahkan dengan munculnya varian-varian baru ditenggah tenggah kita,” ujar dia.

Ia berharap, para jemaah bisa menerima apa pun keputusan yang diambil baik oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi maupun Pemerintah Indonesia.

Apa pun keputusannya, merupakan yang terbaik bagi jemaah.

Khoirizi memastikan, keputusan yang diambil pemerintah kedua negara akan mengedepankan kesehatan dan keselamatan jemaah calon haji. 

Tahun lalu, Arab Saudi menyelenggarakan ibadah haji dengan jumlah jemaah terbatas yang bermukim di negara itu.

Saat itu ada lebih dari 18.490 pekerja yang direkrut untuk mengimplementasikan penyelenggaraan ibadah haji dan memberikan layanan terbaiknya bagi jemaah.

Dalam pelaksanaannya, ada 28 pusat layanan baru lengkap dengan protokol kesehatan yang ada di sekitar Masjidil Haram.

Lebih dari 13.500 staf kebersihan dengan peralatan terbaru juga dipekerjakan selama 24 jam di seluruh kota dan tempat-tempat suci.

Pekerja juga menggunakan 54.000 liter desinfektan ramah lingkungan.

Pihak keamanan juga membuat jalur pembatas di sekeliling Ka’bah dan antara Bukit Safa dan Marwah.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/05/20/133200665/menanti-kepastian-pemberangkatan-jemaah-haji-2021-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke