Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hewan dengan Jam Tidur Terlama, Apa Saja?

Meski demikian, para peneliti sampai saat ini belum memahami tidur pada hewan dengan sempurna.

Beberapa hewan memiliki jam tidur jauh lebih banyak daripada hewan lain. Hal itu bergantung pada seberapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk makan.

"Hewan yang makan makanan dengan kepadatan kalori rendah, tidur lebih sedikit meskipun tidur dapat menyesuaikan dengan kebutuhan hewan," kata Direktur Center for Sleep Research di UCLA, California, Dr Jerome Siegel, dikutip dari BBC, 29 Oktober 2015.

Hewan apa saja yang memiliki jam tidur terbanyak?

Dikutip dari sleep.org, ada 21 spesies armadillo dan rata-rata kesemuanya menghabiskan hingga 17 jam setiap hari di bawah tanah. Namun, tak ada bukti bahwa mereka menghabiskan seluruh waktu ini untuk tidur.

Satu studi menemukan bahwa spesies armadillo berjalur sembilan memiliki jam tidur rata - rata 77 persen setiap hari atau sekitar 18,5 jam.

Armadillo jenis ini adalah salah satu spesies armadillo yang paling tersebar luas dan dapat ditemukan di Amerika Utara, Tengah, dan Selatan.

Beberapa koala bahkan bermalas-malasan, beristirahat, dan tidur hingga 22 jam per hari.

Faktor makanan diyakini menjadi penyebab kelelahan mereka. Daun kayu putih tidak memberikan banyak nutrisi dan energi.

Meskipun koala makan satu pon atau lebih daun per hari, mereka masih kekurangan energi.

Koala menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk makan atau tidur, karena mereka tidak memiliki banyak energi yang tersisa untuk aktivitas lain setelah makan.

Sebuah studi tentang anjing penunjuk menemukan bahwa mereka menghabiskan hanya 44 persen setiap hari dalam keadaan siaga penuh.

Artinya, mereka menghabiskan 66 persen sisanya atau hampir 16 jam untuk tidur atau istirahat. Anjing juga cenderung tidur lebih banyak setelah hari-hari di mana mereka lebih aktif.

Para ilmuwan pernah percaya bahwa kelelawar coklat kecil tidur selama hampir 20 jam selama periode 24 jam. Namun, kondisi itu kemungkinan besar lebih mengarah pada mati suri dibandingkan tertidur.

Jumlah tidur yang diterima kelelawar tergantung pada spesies dan lingkungannya. Beberapa spesies kelelawar buah tidur rata-rata 15 jam setiap hari.

Spesies lain hanya tidur 27 persen dari waktu atau sekitar 6,5 jam setiap hari selama musim dingin, dan kurang dari 16 persen di musim panas yang lebih hangat.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, kelelawar kemungkinan juga kurang tidur ketika mereka mencurigai ada predator potensial di dekatnya.

Tidur tikus di penangkaran telah dipelajari secara ekstensif, karena mereka dipandang sebagai model yang dapat membantu kita lebih memahami tidur manusia.

Rata-rata, tikus penangkaran tidur sekitar 12 jam atau lebih selama periode 24 jam.

Sayangnya, penelitian tidur yang dilakukan pada tikus penangkaran tidak memberi tahu kami berapa banyak waktu tikus yang tidur di alam liar.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/13/180200165/5-hewan-dengan-jam-tidur-terlama-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke