Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Cara Mengolah Kacang Merah agar Kandungan Gizinya Tidak Hilang

Kacang merah disebut juga kacang jogo, jenis kacang dari kelompok Phaseolus vulgaris.

Tentang kandungan gizi, kacang ini memiliki sederet vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Mulai dari karbohidrat, serat, antioksidan, vitamin C, vitamin B, folat dan masih banyak lagi.

Dikutip dari Alodokter, disebutkan bahwa kacang merah memiliki berbagai manfaat, di antaranya untuk menjaga kesehatan jantung.

Hal ini lantaran dalam 200 gram kacang merah terdapat 46 gram serat. Jauh melebihi kebutuhan serat yang diperlukan tubuh setiap harinya.

Selain itu, kacang merah juga bisa digunakan untuk mengontrol gula darah karena ia memiliki indeks glikemik sangat rendah.

Manfaat lainnya, kacang merah bisa juga dimanfaatkan dalam program diet. Dengan banyaknya serat yang ada di dalamnya, kacang merah dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Hati-hati mengolah kacang merah

Meski memiliki banyak kandungan gizi dan manfaat baik bagi tubuh, Anda harus berhati-hati di dalam mengolah kacang merah. Karena dalam kondisi mentah atau kurang matang, kacang merah mengandung racun yang berbahaya. 

Racun ini disebut phytohaemagglutinin, zat yang dapat memicu gejala keracunan seperti mual, muntah, pusing, juga diare. Terkadang jika kandungan racun terlalu kuat, maka bisa menyebabkan efek nyeri perut yang sangat ekstrem.

Selain itu, kacang merah juga mengandung antinutrien, kandungan yang dapat menghambat penyerapan zat gizi lain. Dalam beberapa kasus hal ini membahayakan tubuh, terutama bagi mereka yang mengonsumsi kacang merah sebagai makanan utama.

Tips mengolah kacang merah

Meskipun demikian, berbagai kandungan berbahaya tersebut bisa berkurang atau hilang dengan cara pengolahan yang benar.

Chef Zulkarmin, executive chef Hotel Grand Arkenso Semarang menuturkan bahwa kacang merah memiliki beragam jenis dan ukuran. 

"Untuk mendapatkan sajian yang enak juga sehat, maka harus cermat dalam memilih kacang hingga mengolahnya sampai matang," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (2/3/2021) siang. 

Berikut adalah tips mengolah kacang merah yang baik dan benar :

1. Pilih yang tidak terlalu besar

Pilhlah kacang merah yang berukuran sedang atau kecil. Kacang yang berukuran besar biasanya memiliki rasa yang hambar dan jauh dari segar. Sedangkan kacang merah berukuran kecil, seringnya memiliki citarasa yang manis dan renyah.

2. Rendam agar racun hilang

Sesi perendaman kacang merah adalah sesi paling penting. Karena hal ini memiliki dua manfaat. Pertama, bisa digunakan untuk memilih kacang yang bermutu baik dan yang tidak.

Kacang yang mengapung ketika direndam, biasanya berkualitas kurang bagus karena sudah terkena 

Kedua, teknik perendaman ini juga bermanfaat untuk mengurangi kadar racun dalam kacang merah. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda bisa merendamnya minimal selama 5 jam dan rebus dalam air mendidih selama 10 menit. 

3. Gunakan api kecil

Untuk mengolahnya, masukkan kacang ke dalam panci berisi air dan didihkan. Pada saat air sudah mendidih, kecilkan api dan masak terus selama kurang lebih 30 menitan.

Jika Anda memasaknya dalam api besar maka kacang akan pecah, tak lagi berbentuk utuh dan menarik. Hal ini tak masalah jika memang Anda bermaksud untuk memasaknya menjadi olahan bubur.

4. Sering diaduk 

Agar kematangan kacang merah merata, aduk-aduklah selama proses pematangan. Jika tak diaduk, maka kacang yang berada di bagian bawah panci akan cenderung lebih cepat matang dan berpotensi menempel di dasar panci.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/02/190000165/4-tips-cara-mengolah-kacang-merah-agar-kandungan-gizinya-tidak-hilang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke