Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TREN] Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 5 | Jadwal Tes SKB CPNS Diumumkan 18 Agustus

KOMPAS.com - Pemberitaan mengenai pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 5 meramaikan laman Tren sepanjang Sabtu (15/8/2020).

Mulai dari informasi pembukaan, hingga cara mendaftar Kartu Prakerja gelombang 5.

Namun tak hanya itu, laman Tren juga diwarnai dengan pemberitaan seputar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Kemudian, ada juga pemberitaan menyoal jadwal tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019.

Berikut ini lima berita populer Tren sepanjang Sabtu (15/8/2020).

1. Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 5 Dibuka

Pendaftaran Kartu Prakerja kembali dibuka pada Sabtu (15/8/2020) mulai pukul 12.00 WIB.

Bagi masyarakat yang sesuai kriteria dan belum menjadi penerima Kartu Prakerja bisa mendaftarkan diri pada gelombang 5 ini.

"Pendaftaran gelombang 5 akan dibuka pada hari Sabtu, 15 Agustus 2020, pukul 12.00 WIB," kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, kepada Kompas.com, Rabu (12/8/2020).

Sama seperti Kartu Prakerja gelombang 4, kuota yang disediakan pada gelombang 5 ini adalah 800.000 peserta.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini:

Hari Ini, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 5 Dibuka

2. Apa Itu Sertifikat Nilai UTBK dan Manfaatnya?

Jalur masuk SBMPTN 2020 telah dilalui para pesertanya. Hasil UTBK SBMPTN 2020 pun telah diumumkan pada Jumat (14/8/2020) mulai pukul 15.00 WIB.

Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo, menjelaskan hasil nilai UTBK tersebut dapat diunduh berupa sertifikat PDF di laman ltmpt.ac.id.

Bagi yang tidak lulus SBMPTN 2020, sertifikat nilai UTBK tersebut bisa digunakan dalam jalur mandiri di beberapa PTN dan PTS, sehingga tak perlu mengikuti tes lagi.

"Bagi yang belum diterima akan digunakan untuk mendaftar ke PTN atau PTS bagi yang mensyaratkan nilai UTBK," kata Budi kepada Kompas.com, Sabtu (15/8/2020).

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini:

Bisa Dicetak Hari Ini, Apa Itu Sertifikat Nilai UTBK dan Manfaatnya?

3. Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 5

Program Kartu Prakerja gelombang 5 memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia yang hendak mendaftar.

Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, aturan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 5 ini masih sama dengan aturan gelombang 4.

Terdapat 2 metode pendaftaran, yaitu online dan offline. Secara online, pendaftar Kartu Prakerja gelombang 5 bisa langsung mengakses laman www.prakerja.go.id.

Sementara itu, secara offline, masyarakat bisa melakukan pendaftaran melalui Kementerian Ketenagakerjaan atau pemerintah daerah, khususnya Dinas Ketenagakerjaan.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini:

Simak Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 5

4. 5 PTS yang Terima Mahasiswa Pakai Nilai UTBK

Nilai UTBK para peserta yang tidak lulus SBMPTN 2020 masih dapat dimanfaatkan.

Sertifikat nilai UTBK yang diunduh di laman ltmpt.ac.id bisa dipergunakan untuk mendaftar kuliah melalui jalur mandiri, baik PTN maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Penelusuran Kompas.com, ada sejumlah universitas swasta di Indonesia yang membuka jalur penerimaan mahasiswa berbasis pada nilai UTBK.

Lima di antaranya adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Trisakti, Telkom University, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan Universitas Islam Sultan Agung.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini:

5 Universitas Swasta yang Terima Mahasiswa Pakai Nilai UTBK

5. Jadwal Tes SKB CPNS 2019 Diumumkan 18 Agustus

Proses rekrutmen CPNS 2019 telah masuk pada tahap penjadwalan tes SKB. Penjadwalan SKB yang berlangsung sejak 10 Agustus 2020 telah berakhir pada Jumat (14/8/2020).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono, mengungkapkan jadwal pelaksanaan SKB akan diumumkan pada 18 Agustus 2020.

Pengumunan akan dilakukan masing-masing instansi, sehingga jadwal tes SKB bisa dicek di laman masing-masing instansi.

"Pengumuman jadwal SKB tanggal 18 Agustus nanti bisa dilihat di instansinya," kata Paryono, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (14/8/2020).

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini:

Jadwal Tes SKB CPNS 2019 Diumumkan 18 Agustus 2020, di Mana Mengeceknya?

https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/16/053100965/-populer-tren-pendaftaran-kartu-prakerja-gelombang-5-jadwal-tes-skb-cpns

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke