Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kecelakaan Tol Jagorawi, Kenali 5 Faktor Penyebab Ban Mobil Pecah

Akibat ban yang pecah, mobil pun terguling dan menyebabkan penumpangnya terlempar ke badan jalan. Sebanyak 3 orang dinyatakan tewas dalam kecelakaan ini, sementara 6 lainnya mengalami luka-luka, baik berat maupun ringan.

Pecah ban sebagaimana terjadi dalam kecelakaan tersebut, memang kerap menjadi sebab sebuah kecelakaan fatal terjadi.

Maka dari itu, penting bagi para pemilik dan pengguna kendaraan bermotor untuk menjaga dan mengecek kondisi ban-ban kendaraannya sebelum digunakan.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com Otomotif berikut ini 5 faktor yang dapat menyebabkan kendaraan Anda mengalami pecah ban:

1. Perlakuan keras

Alasan pertama adalah perlakuan keras terhadap ban yang sering diberikan oleh pengguna kendaraan.

Perlakuan keras, misalnya sering digunakan untuk pengereman mendadak, melakukan manuver kasar, melaju di kecepatan terlalu tinggi, dan sebagainya.

Hal-hal seperti itu sering terjadi namun jarang disadari oleh pengguna, sehingga kerap kali terabaikan dan membuat kondisi ban menjadi buruk lebih cepat dari yang seharusnya.

2. Semir Ban

Faktor kedua adalah penggunaan semir ban yang tidak diketahui apa saja bahan pembuatannya. Mungkin saja, ada kandungan-kandungan yang tidak sesuai dengan kondisi ban kendaraan Anda.

Sehingga akan menyebabkan reaksi tersendiri yang menyebabkan kondisi ban menjadi buruk.

3. Tekanan udara

Selanjutnya, masalah yang paling umum terjadi sehingga menyebabkan pecah ban adalah terkait dengan tekanan udara.

Jika tekanan udara tidak sesuai, maka saat digunakan kerja dinding ban akan menjadi lebih berat. Apalag, jika udara di dalam ban terlalu sedikit, itu dapat menyebabkan akibat yang fatal.

4. Kondisi fisik ban

Di urutan keempat, alasan yang membuat ban bisa mengalami pecah tiba-tiba adalah kondisi ban itu sendiri secara fisik. Misalnya ban sudah aus atau tipis.

Contoh lain, ban yang di sela-sela alurnya terdapat kerikil kecil yang mengganjal, jika hal itu didiamkan untuk waktu yang lama juga bisa merusak fisik si ban dan jika kerusakan-kerusakan ini terakumulasi bisa menyebabkan ban pecah.

5. Modifikasi

Alasan terakhir ban pecah adalah adanya modifikasi yang dilakukan, namun tidak sesuai dengan spesifikasi yang seharusnya atau tidak sesuai.

Misalnya mengganti dimensi pelek tanpa mempertimbangkan kecepatan dan beban fisik kendaraan yang harus ditanggung.

Jadi mulai sekarang, perhatikanlah hal-hal tersebut agar kondisi ban kendaraan Anda lebih terjaga sehingga bisa tampil prima saat digunakan. Lebih dari itu, kondisi ban yang baik juga akan mendukung perjalanan Anda dengan lebih aman.

Sumber: Kompas.com/Stanly Ravel

https://www.kompas.com/tren/read/2019/09/15/183000465/kecelakaan-tol-jagorawi-kenali-5-faktor-penyebab-ban-mobil-pecah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke