Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Malaikat Membantu Umat Islam Saat Perang Badar

Kompas.com - 30/05/2023, 20:00 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

KOMPAS.com - Perang Badar adalah salah satu pertempuran terbesar dan penting dalam sejarah Islam, yang terjadi pada 17 Ramadan 2 Hijriah atau 13 Maret 624 Masehi.

Dalam perang ini, pasukan Muslim yang dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad hanya berjumlah 313 orang.

Sedangkan jumlah pasukan lawan mereka, kaum kafir Quraisy, mencapai 1.000 orang lebih.

Meski pasukan orang Islam saat Perang Badar hanya sepertiga pasukan kaum kafir Quraisy, mereka dapat memenangkan pertempuran.

Salah satu sebab orang Islam menang di Perang Badar adalah adanya bantuan dari malaikat yang dikirim Allah.

Berikut kisah Perang Badar dibantu malaikat.

Baca juga: Kapan Terjadinya Perang Badar Kubra?

Berapa malaikat yang ikut Perang Badar?

Perang Badar terjadi karena umat Muslim ingin mempertahankan dan menegakkan agama Islam.

Nabi Muhammad berperang melawan kaum Quraisy bukan untuk mendapatkan kekuasaan, kekayaan, ataupun kesenangan, tetapi atas nama Islam.

Disebutkan dalam nas Al Quran dan sunah, diriwayatkan oleh sahabat Nabi yang mengikuti Perang Badar bahwa Allah menyusupkan rasa takut di hati orang-orang kafir.

Pertolongan Allah untuk kaum mukmin dengan mengirimkan malaikat merupakan perkara yang pasti dan telah disebutkan dalam Al Quran, salah satunya dalam surat Ali Imran ayat 123-125.

Arti dari surat Ali Imran ayat 123-125 berbunyi, "Sungguh Allah telah menolong kamu dalam Perang Badar, padahal kamu (ketika itu) adalah orang-orang yang lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya. (Ingatlah), ketika engkau (Muhammad) mengatakan kepada orang mukmin: "Apakah tidak cukup bagimu bahwa Allah membantu kamu dengan tiga ribu malaikat yang diturunkan (dari langit)?". "Ya" (cukup), jika kamu bersabar dan bertakwa ketika mereka datang menyerang kamu dengan tiba-tiba, niscaya Allah menolongmu dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda."

Baca juga: Hikmah Perang Badar

Ibnu Jarir ath-Thabari dalam kitab Musnad-nya dari Ali bin Abi Thalib berkata, "Malaikat Jibril turun dengan memimpin seribu malaikat dari samping kanan Rasulullah SAW dan Abu Bakar ada di sana. Kemudian Malaikat Mikail turun dengan memimpin seribu malaikat dari sebelah kiri Rasulullah SAW sedangkan aku berada di dalamnya."

Jumlah malaikat Perang Badar yang mencapai ribuan juga diriwayatkan oleh Ar-Rabi' bin Anas, "Allah SWT telah menurunkan bantuan kepada kaum muslimin dengan seribu (pasukan malaikat) kemudian menjadi tiga ribu lalu menjadi lima ribu (pasukan)."

Atas izin Allah, ribuan malaikat turun untuk membantu umat Muslim, padahal satu malaikat saja seperti Jibril telah mampu memusnahkan orang-orang kafir.

Lebih lanjut, surat Ali Imran ayat 126 mengungkap bahwa, "Dan Allah tidak menjadikan pemberian bala bantuan itu melainkan sebagai kabar gembira bagi (kemenangan)mu, dan agar tenteram hatimu karenanya. Dan kemenanganmu itu hanyalah dari Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."

Baca juga: Abu Jahal, Bapak Kebodohan yang Tewas dalam Perang Badar

Dalam Perang Badar, selain meraih kemenangan umat Muslim berhasil membunuh beberapa tokoh penting kafir Quraisy, termasuk pemimpin perang, Abu Jahal, yang dikenal sebagai sosok yang sangat keras perlawanannya terhadap Nabi Muhammad.

Capaian dalam perang ini menjadi pembuka kemenangan-kemenangan besar umat Muslim dalam berbagai peperangan berikutnya melawan kaum kafir.

 

Referensi:

  • Ash-Shallabi, Ali Muhammad. (2012). Sejarah Lengkap Rasulullah Jilid I (Terjemahan, Faesal Saleh dkk). Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com