Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riwayat Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kandang Garuda

Kompas.com - 23/12/2022, 13:00 WIB
Josephus Primus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan adalah stadion paling besar dan megah di Indonesia.

Stadion Utama Gelora Bung Karno, dalam informasi terkini akan menjadi kandang Timnas Indonesia alias Tim Garuda pada perhelatan Piala Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) edisi 2022.

Pada 23 Desember 2022, Indonesia akan menjamu Timnas Kamboja.

Baca juga: Penjelasan Dirut PPKGBK soal Acara Non-Olahraga di Gelora Bung Karno

Riwayat Stadion Utama Gelora Bung Karno sudah mengalami pemutakhiran mulai dari kualitas rumput.

Total jumlah lampu penerangan di Stadion Utama Gelora Bung Karno mencapai 35.000 lux atau mata bola lampu.

Konsekuensinya, Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi stadion dengan penerangan terkuat di Indonesia.

Timnas Indonesia saat berfoto sebelum memulai pertandingan. Terdekat, timnas Indonesia akan melawan Kamboja di Piala AFF 2022. Laga Indonesia vs Kamboja dalam jadwal Piala AFF 2022 bakal bergulir di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Jumat (23/12/2022). Artikel ini berisi jadwal siaran langsung timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022.Dok. PSSI Timnas Indonesia saat berfoto sebelum memulai pertandingan. Terdekat, timnas Indonesia akan melawan Kamboja di Piala AFF 2022. Laga Indonesia vs Kamboja dalam jadwal Piala AFF 2022 bakal bergulir di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Jumat (23/12/2022). Artikel ini berisi jadwal siaran langsung timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2022.

Stadion Utama Gelora Bung Karno

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kiri) dan kapten skuadnya Fachruddin Aryanto memberikan pernyataan kepada media tentang laga perdana mereka di Grup A Piala AFF 2022 kontra Kamboja, Jumat (24/12), dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (23/12/2022). (ANTARA/Michael Siahaan) ANTARA/Michael Siahaan Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kiri) dan kapten skuadnya Fachruddin Aryanto memberikan pernyataan kepada media tentang laga perdana mereka di Grup A Piala AFF 2022 kontra Kamboja, Jumat (24/12), dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (23/12/2022). (ANTARA/Michael Siahaan)

Catatan datang dari sumber bacaan laman Kompas.com edisi 15 November 2022 menunjukkan bahwa Stadion Utama Gelora Bung Karno terpilih menjadi stadion paling favorit di Asia Tenggara menurut penilaian Federasi Sepak Bola Asia (AFC).

Stadion Utama Gelora Bung Karno dibangun di masa pemerintahan Presiden Pertama RI, Soekarno.

Waktu itu, pada 8 Februari 1960, Indonesia berkepentingan menjadi tuan rumah Asian Games ke-IV.

Asian Games ke-IV itu digelar pada 1962.

Pelatih Kamboja, Keisuke Honda, ketika menginstruksikan para pemainnya sebelum pertandingan melawan Indonesia di Piala AFF 2021 di Singapura. Terkini, Keisuke Honda akan kembali mendampingi Kamboja melawan Indonesia di Piala AFF 2022. Laga timnas Indonesia vs Kamboja dalam jadwal Piala AFF 2022 bergulir di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Jumat (23/12/2022). (Photo by Yong Teck Lim/Getty Images) (Photo by Yong Teck Lim / GETTY IMAGES ASIAPAC / Getty Images via AFP)YONG TECK LIM Pelatih Kamboja, Keisuke Honda, ketika menginstruksikan para pemainnya sebelum pertandingan melawan Indonesia di Piala AFF 2021 di Singapura. Terkini, Keisuke Honda akan kembali mendampingi Kamboja melawan Indonesia di Piala AFF 2022. Laga timnas Indonesia vs Kamboja dalam jadwal Piala AFF 2022 bergulir di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Jumat (23/12/2022). (Photo by Yong Teck Lim/Getty Images) (Photo by Yong Teck Lim / GETTY IMAGES ASIAPAC / Getty Images via AFP)

Stadion Utama Gelora Bung Karno kini menjadi bagian pusat olahraga terintegrasi.

Di dalam Kompleks Gelora Bung Karno, selain Stadion Utama, ada juga berbagai fasilitas olahraga berikut perkampungan atlet.

Pratama Arhan tampak latihan terpisah dengan pemain timnas Indonesia lainnya saat berlatih di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (20/12/2022).MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM Pratama Arhan tampak latihan terpisah dengan pemain timnas Indonesia lainnya saat berlatih di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com