Pertempuran Somme, Peperangan Parit Terbesar di Perang Dunia I

Kompas.com - 02/07/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Pertempuran Somme adalah peperangan antara Jerman dengan Perancis-Inggris yang terjadi sejak 1 Juli hingga 18 November 1916.

Peperangan yang terjadi di Somme, Perancis, ini menjadi salah satu pertempuran parit terbesar selama Perang Dunia I.

Pada Perang Dunia I, terkenal adanya perang parit, di mana para pasukan berlindung di dalam parit untuk menunggu musuh atau sekadar mempertahankan wilayahnya.

Pertempuran Somme juga tercatat sebagai pertempuran paling berdarah selama Perang Dunia I, yang menewaskan 19.000 tentara Inggris hanya pada hari pertama.

Ketika perang berakhir pada 18 November 1916, tercatat sekitar 3 juta pasukan diterjunkan ke medan pertempuran di mana sekitar 1,7 juta di antaranya tewas.

Baca juga: Mengapa Terbunuhnya Pangeran Franz Ferdinand Memicu Perang Dunia I?

Pertempuran Somme dimulai

Sebelum pecah Pertempuran Somme, pihak Sekutu melancarkan pengeboman artileri selama seminggu dengan menghabiskan sekitar 1,75 juta peluru terhadap pertahanan Jerman.

Pertempuran Somme didorong oleh usulan Perancis terkait penyerangan gabungan pasukan dari negaranya dan Inggris secara bersama-sama terhadap Jerman.

Sementara Perancis dan Inggris sedang bersiap diri, pasukan Jerman terus memberikan serangan di Verdun.

Inggris memutuskan untuk mengambil peran utama dalam penyerangan, sementara Perancis sudah mempersiapkan artileri dalam jumlah banyak.

Setelah semuanya siap, pada 1 Juli 1916, tentara Inggris menyerang bagian utara Somme dengan menerjunkan 11 divisi infanteri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber History
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.