Siapa Pemuda Menteng 31?

Kompas.com - 21/05/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Pemuda Menteng 31 adalah sebutan bagi para pemuda revolusioner yang bermarkas di Asrama Angkatan Baru Indonesia atau Asrama Menteng 31 (Gedung Joang 45).

Meski pada awalnya perkumpulan mereka dibentuk oleh prakarsa pemerintah Jepang, tetapi pemuda Menteng 31 diam-diam menggelorakan semangat nasionalisme.

Salah satu aksi mereka yang paling dicatat sejarah adalah peristiwa penculikan Soekarno-Hatta yang dikenal sebagai Peristiwa Rengasdengklok.

Kolaborasi antara gerakan konfrontasi pemuda Menteng 31 dan gerakan strategis angkatan tua itulah, yang berhasil mewujudkan proyek historis negara, yaitu dikumandangkannya proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Baca juga: Mengapa Para Pemuda Menculik Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok?

Asal-usul Pemuda Menteng 31

Asrama Angkatan Baru Indonesia atau Asrama Menteng 31 adalah pusat dari kegiatan para pemuda revolusioner pada masa pendudukan Jepang.

Pada awalnya, asrama ini dibiayai oleh Jepang, guna menggembleng kaum pergerakan nasional angkatan muda supaya menjadi alat bagi Jepang.

Namun, tujuan Jepang untuk menjadikan mereka kader-kader politiknya gagal.

Pasalnya, para pemuda revolusioner yang kemudian dikenal sebagai pemuda Menteng 31, justru melatih dan mempersiapkan diri untuk melawan Jepang.

Banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh para pemuda Menteng 31 pun membuat Jepang merasa terancam.

Oleh sebab itu, Jepang memutuskan membubarkan Asrama Menteng 31 pada 1943.

Baca juga: Asrama Angkatan Baru Indonesia atau Asrama Menteng 31

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.