Asrama Angkatan Baru Indonesia atau Asrama Menteng 31

Kompas.com - 20/05/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Asrama Angkatan Baru Indonesia atau Asrama Menteng 31 adalah sebuah asrama yang berdiri pada masa pendudukan Jepang di Indonesia.

Asrama ini didirkan oleh ahli propaganda Jepang yang dekat dengan pemuda Indonesia, yaitu Hitoshi Shimizu.

Pada awalnya, tujuan didirikannya asrama ini adalah untuk menggembleng para pemuda Indonesia demi memenuhi kepentingan Jepang.

Akan tetapi, para kelompok pemuda diam-diam menjadikan asrama ini sebagai tempat untuk menegakkan nasionalisme dan menyebarkan kontra propaganda terhadap berita-berita Jepang.

Baca juga: Kedatangan Jepang ke Indonesia

Sejarah

Jepang mulai menduduki Indonesia sejak 1942, yang kemudian terus menggalakkan berbagai propaganda dan membentuk berbagai lembaga, salah satunya Asrama Angkatan Baru Indonesia, yang berlokasi di Jalan Menteng No 31, Jakarta Pusat.

Pada zaman pendudukan Belanda, gedung Asrama Menteng 31 adalah Hotel Schomper, yang khusus digunakan sebagai penginapan para pejabat tinggi yang singgah di Batavia.

Kemudian, pada masa pendudukan Jepang, gedung ini diambil alih dan digunakan sebagai markas Kantor Jawatan Barisan Propaganda yang disebut Sendenbu.

Tidak lama kemudian, gedung ini diserahkan kepada pemuda Indonesia dan menjadi pusat pendidikan untuk menggembleng mereka agar dapat berguna bagi kepentingan Jepang.

Asrama Angkatan Baru Indonesia atau Asrama Menteng 31 disponsori oleh Sendenbu.

Tujuan awal Jepang mendirikan asrama ini adalah untuk menghasilkan para kader nasionalis Indonesia yang nantinya dapat bermanfaat bagi kepentingan Jepang.

Baca juga: Apa Saja Propaganda yang Dilakukan Jepang di Indonesia?

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.