Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Tegal Disebut Kota Bahari?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata bahari berarti mengenai laut atau segala sesuatu yang berhubungan dengan laut.

Lantas, kenapa Tegal disebut kota bahari?

Tegal Kota Bahari

Wilayah Kabupaten Tegal terletak di kawasan pesisir utara Jawa Tengah, berbatasan dengan Kabupaten Pemalang, Purbalingga, Brebes, Banyumas, dan Laut Jawa.

Karena letaknya tersebut, kehidupan di Kota Tegal tidak dapat dipisahkan dari sektor kelautan.

Melansir kompas.id, julukan kota bahari telah tersemat bagi Kota Tegal sejak 1950-an berkat industri galangan kapal yang berkembang di sana.

Industri di Tegal memang banyak ditopang sektor maritim atau kelautan, di mana sejumlah perusahaan menempatkan fasilitas galangan kapal di sepanjang garis pantai, khususnya di sekitar Pelabuhan Tegal.

Sebagai kota pesisir, Tegal juga menjadi salah satu sentra perikanan utama di Pantai Utara (Pantura) dan memiliki banyak industri kecil yang mengolah hasil perikanan.

Di samping alasan tersebut, motto "Tegal Kota Bahari" merupakan singkatan dari Bersih, Aman, Hijau, Asri, Rapi, dan Indah.

Singkatan ini diharapkan menjadi sebuah representasi dari Kota Tegal.

Selain kota bahari, dulu Tegal disebut kota Jepangnya Indonesia.

Julukan ini dikaitkan dengan sejumlah industri pengecoran dan pengerjaan logam yang dibangun pada 1940-an untuk mencukupi kebutuhan perang tentara Jepang.

Hingga kini, industri di Kota Tegal yang berbasis industri logam banyak digerakkan sektor UMKM.

Tidak sedikit industri kecil di Kota Tegal menjadi pemasok spare part dan komponen mesin untuk beberapa perusahaan otomotif besar di Jakarta.

https://www.kompas.com/stori/read/2022/12/31/140000679/kenapa-tegal-disebut-kota-bahari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke