Salin Artikel

Hollandsch Inlandsche School (HIS), Sekolah Bumiputra untuk Bangsawan

Sekolah ini pertama kali berdiri di Indonesia tahun 1914.

HIS diperuntukkan bagi golongan penduduk keturunan Indonesia asli yang pada umumnya disediakan untuk anak-anak dari golongan bangsawan, tokoh-tokoh terkemuka, atau pegawai negeri.

Masa pendidikan HIS adalah tujuh tahun.

Pendidikan HIS

Sekolah HIS didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada 1902 untuk pendidikan sekolah dasar atau volkschool.

Kemudian, pemerintah Hindia Belanda mendirikan Sekolah HIS pertama kali di Indonesia tahun 1914.

Sekolah ini memberikan kesempatan bagi anak-anak bumiputra untuk menjalankan pendidikan sekolah rendah kelas satu bersama dengan anak-anak Belanda lainnya.

Namun, tidak sembarang anak bumiputra bersekolah di HIS.

Sekolah ini diperuntukkan bagi anak bumiputra yang merupakan keturunan bangsawan dan keturunan tokoh terkemuka.

Masa belajar yang perlu ditempuh para murid di HIS adalah selama tujuh tahun dengan menggunakan bahasa Belanda sebagai bahasa pengantar.

Peraturan HIS

Peraturan pendidikan dasar untuk masyarakat Hindia Belanda pertama kali dikeluarkan tahun 1848 yang kemudian disempurnakan tahun 1892.

Isi peraturan tersebut adalah pendidikan dasar harus ada pada setiap karesidenan, kabupaten, kawedanan, atau pusat-pusat kerajinan, perdagangan, atau tempat yang dianggap perlu.

Kemudian, tahun 1901, peraturan baru muncul setelah adanya Politik Etis atau Politik Balas Budi dari Kerajaan Belanda.

Isi peraturannya adalah anak-anak yang akan masuk HIS pada usia enam tahun dan tidak ada kelompok bermain atau taman kanak-kanak, dapat langsung bersekolah di HIS dan menjalani masa pendidikan selama tujuh tahun.

Setelah lulus dari HIS, anak-anak dapat melanjutkan pendidikan mereka ke tingkat yang selanjutnya, seperti Meer Uitgebreid Lagere Onderwijs (MULO), setara Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Referensi:

  • Makmur, Djohan, Pius Suryo Harono, Sukri Musa,dkk. (1993). Sejarah Pendidikan di Indonesia Zaman Penjajahan. Jakarta: Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional.

https://www.kompas.com/stori/read/2021/10/05/110000179/hollandsch-inlandsche-school-his-sekolah-bumiputra-untuk-bangsawan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.