Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebasket Abraham Damar Minta Maaf Usai Bersikap Kurang Elok pada Konferensi Pers

Kompas.com - 21/02/2020, 22:08 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemain timnas basket Indonesia, Abraham Damar Grahita, menyampaikan permintaan maaf setelah menunjukkan sikap dan gestur yang kurang elok dalam konferensi pers usai pertandingan.

Laga perdana Indonesia melawan Korea Selatan pada FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers Windows 1 berakhir dengan skor 109-76 untuk kemenangan tim tamu.

Sebagai pemain yang paling disorot malam itu, Abraham Damar mendampingi coach Rajko Toroman menghadiri konferensi pers usai laga melawan Korea Selatan dalam Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Mahaka Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (20/2/2020).

Abraham Damar menjadi salah satu yang disorot. Sebab, dia mencetak 25 angka, 4 assist, dan memasukkan 11 tembakan bebas dari 11 kali kesempatan.

Namun, Abraham mendapat kritik seusai menghadiri konferensi pers tersebut. 

Baca juga: Bersikap Tak Elok Saat Konferensi Pers, Abraham Damar Dicoret dari Timnas Basket

Pasalnya, dalam konferensi pers yang disiarkan secara streaming oleh FIBA itu, Abraham menunjukkan sikap dan gestur yang kurang elok saat coach timnas Indonesia Rajko Toroman berbicara mengenai laga kontra Korea Selatan.

Abraham beberapa kali menunjukkan ekspresi wajah yang secara tersirat menyatakan ketidaksetujuannya dengan pendapat sang pelatih.

Abraham pun sempat membenamkan wajahnya di meja seolah tak ingin melihat ke arah media.

Mendapat banyak kritikan, pemain asal Pangkal Pinang itu langsung meminta maaf kepada semua pihak terkait.

Pebasket yang akrab disapa Bram itu mengakui kesalahannya dan mengatakan akan menjadikan hal ini pelajaran untuknya berbenah diri.

"Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya untuk semua pihak yang merasa dirugikan @perbasi.ina @official_timnasbasket, coach Toro, dan seluruh rakyat Indonesia yang mungkin merasa tersinggung atas apa yang saya lakukan di presscon semalam," tulis Abraham.

"Itu adalah kesalahan saya dan saya tidak membenarkan diri atas hal tersebut. Ini akan menjadi pelajaran bagi saya dan menjadi bahan bagi saya untuk berbenah dan memperbaiki diri. Sekali lagi saya saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya," lanjutnya.

Tangkapan layar permohonan maaf Abraham Damar Grahita terkait sikapnya dalam konferensi pers usai pertandingan kontra Korea Selatan di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Mahaka Arena, Jakarta Utara, Kamis (20/2/2020).Dok. Instagram Tangkapan layar permohonan maaf Abraham Damar Grahita terkait sikapnya dalam konferensi pers usai pertandingan kontra Korea Selatan di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Mahaka Arena, Jakarta Utara, Kamis (20/2/2020).

Meski demikian, tindakan tegas pun diambil oleh Perbasi dengan mencoret nama Abraham Damar dari timnas basket Indonesia hingga waktu yang belum ditentukan.

"Timnas mengambil tindakan untuk memberikan pelajaran sekaligus teguran atas sikap Abraham yang kurang elok," ucap manajer timnas, Maulana Tamrela, dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Timnas Basket Kalah dari Korea, Abraham Damar Soroti Pembinaan dan Kompetisi

"Kami mencoret Abraham dari tim nasional mulai hari ini sampai kurun waktu yang belum ditentukan. Kami menunggu sanksi dari PP Perbasi kepada Abraham Damar," kata Maulana Tamrela melanjutkan.

Maulana Tamrela pun mengaku menyayangkan sikap Abraham Damar. Menurut dia, sebagai pemain nasional, Abraham Damar, perlu menjaga sikapnya.

"Menjadi pemain nasional adalah achievement tertinggi dari seorang pebasket di Indonesia," ucap Maulana.

"Sebisa mungkin para pemain yang berkesempatan menjadi pemain nasional menjaga sikap di tempat umum dan di depan event internasional yang membawa nama bangsa," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com