Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersikap Tak Elok Saat Konferensi Pers, Abraham Damar Dicoret dari Timnas Basket

Kompas.com - 21/02/2020, 21:32 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pebasket Abraham Damar Grahita dicoret dari tim nasional basket Indonesia menyusul sikapnya yang kurang elok saat menghadiri konferensi pers usai pertandingan.

Laga perdana Indonesia melawan Korea Selatan pada FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers Windows 1 di Mahaka Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (20/2/2020) berakhir dengan skor 109-76 untuk kemenangan tim tamu.

Dalam laga tersebut, Abraham Damar menjadi salah satu yang disorot. Sebab, Abraham mencetak 25 angka, 4 assist, dan memasukkan 11 tembakan bebas dari 11 kali kesempatan.

Meskipun kalah, Abraham Damar menjadi pemain terbaik timnas basket Indonesia malam itu.

Baca juga: Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Derrick Michael Kaget Ditunjuk Main oleh Rajko Toroman

Sehari setelahnya, sikap Abraham Damar saat menghadiri konferensi pers seusai pertandingan santer diperbincangkan.

Pasalnya, dalam konferensi pers yang disiarkan secara streaming oleh FIBA itu, Abraham menunjukkan sikap dan gestur yang kurang elok saat coach timnas Indonesia Rajko Toroman berbicara mengenai laga kontra Korea Selatan.

Abraham beberapa kali menunjukkan ekspresi wajah yang secara tersirat menyatakan ketidaksetujuannya dengan pendapat sang pelatih.

Melihat sikap Abraham tersebut, Perbasi pun mengambil sikap tegas dengan mencoret namanya dari tim bola basket Indonesia sampai waktu yang belum ditentukan.

Baca juga: Timnas Basket Kalah dari Korea, Abraham Damar Soroti Pembinaan dan Kompetisi

"Timnas mengambil tindakan untuk memberikan pelajaran sekaligus teguran atas sikap Abraham yang kurang elok," ucap manajer timnas, Maulana Tamrela. dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com.

"Kami mencoret Abraham dari tim nasional mulai hari ini sampai kurun waktu yang belum ditentukan. Kami menunggu sanksi dari PP Perbasi kepada Abraham Damar," kata Maulana Tamrela melanjutkan.

Maulana Tamrela pun mengaku menyayangkan sikap Abraham Damar. Menurut dia, sebagai pemain nasional, Abraham Damar perlu menjaga sikapnya.

"Menjadi pemain nasional adalah achievement tertinggi dari seorang pebasket di Indonesia," ucap Maulana Tamrela.

"Sebisa mungkin para pemain yang berkesempatan menjadi pemain nasional menjaga sikap di tempat umum dan di depan event internasional yang membawa nama bangsa," katanya.

Sementara itu, Abraham Damar pun sudah meminta maaf dan mengakui kesalahannya lewat unggahan media sosial instagram.

Abraham mengaku menyesal dan akan menjadikan hal ini sebagai pelajaran untuk berbenah diri.

Tangkapan layar permohonan maaf Abraham Damar Grahita terkait sikapnya dalam konferensi pers usai pertandingan kontra Korea Selatan di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Mahaka Arena, Jakarta Utara, Kamis (20/2/2020).Dok. Instagram Tangkapan layar permohonan maaf Abraham Damar Grahita terkait sikapnya dalam konferensi pers usai pertandingan kontra Korea Selatan di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Mahaka Arena, Jakarta Utara, Kamis (20/2/2020).

"Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya untuk semua pihak yang merasa dirugikan @perbasi.ina @official_timnasbasket, coach Toro, dan seluruh rakyat Indonesia yang mungkin merasa tersinggung atas apa yang saya lakukan di presscon semalam," tulis Abraham.

"Itu adalah kesalahan saya dan saya tidak membenarkan diri atas hal tersebut. Ini akan menjadi pelajaran bagi saya dan menjadi bahan bagi saya untuk berbenah dan memperbaiki diri. Sekali lagi saya saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com