Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas Tambora Challenge 2020 Hadirkan Tantangan Baru bagi Pencinta Ultra Marathon

Kompas.com - 21/02/2020, 20:46 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Event lari bertajuk Kompas Tambora Challenge 2020 - Lintas Sumbawa 320K akan kembali digelar pada 22-25 Juli di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Ajang lari yang memasuki tahun keenam ini disebut memiliki tantangan baru bagi para pelari ultra marathon.

Tahun lalu, makismal waktu tempuh (cut off time) para pelari di nomor individu, yaitu 68 jam.

Sementara itu, pada Kompas Tambora Challenge 320K tahun ini, panitia penyelenggara mempersingkat waktu tempuh dengan margin sekitar empat jam.

Hal tersebut disampaikan oleh Race Director Kompas Tambora Challenge, Lexi Rohi, dalam konferensi pers yang berlangsung di TVRI, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (21/2/2020).

Baca juga: Juara Tambora Challenge 2019 Siap Berlari Lebih Jauh Lagi

"Tahun ini yang berubah itu CoT (cut off time). Dari 68 jam kami persingkat jadi 64 jam untuk nomor individu, sedangkan nomor relay jadi 60 jam," kata Lexi Rohi.

Perubahan itu dilakukan lantaran melihat perkembangan pelari ultra marathon yang sangat bagus dan dinilai bisa mencapai garis finis di bawah 60 jam.

"Setahun itu ternyata perkembangannya cukup bagus. Banyak pelari yang sudah bisa berlari cukup jauh. Dari kompetisi ini, banyak melahirkan pelari ultra yang cukup tangguh," kata Lexi.

"Dari sana, kami juga melihat chance dari para pelari baru yang akan ikut tahun ini akan menjadi kompetitor yang sangat bagus di Kompas Tambora Challenge tahun ini," katanya.

Lexi menambahkan, perubahan waktu temput juga didasarkan dari evaluasi event tahun lalu di mana ada sekitar 9 pelari yang mencapai finis di bawah 64 jam.

Melihat hasil tersebut, Lexi mengaku waktu tempuh 60 jam di event tahun ini bisa diselesaikan dengan maksimal oleh para pelari.

"Tahun lalu itu 9 orang yang finis dengan rata-rata di bawah 64 jam. Bahkan, yang naik podium itu finis di bawah 60 jam. Jadi, saya rasa, perbedaan waktu tempuh itu dengan persiapan yang bagus bisa dicapai," kata Lexi.

Baca juga: Hendra Siswanto Taklukkan Kompas Tambora Challenge 2019

Kompas Tambora Challenge 320K akan melewati rute yang sama dengan tahun lalu, dimulai dari Poto Tano, Kab Sumbawa Barat, dan berakhir di Doro Ncanga, Kab. Dompu.

Event ini juga masih akan mempertandingkan dua kategori, yaitu individual dan relay baik putra maupun putri.

Peserta kategori individual akan menempuh jarak 320 km seorang diri, sedangkan peserta dalam kategori relay akan terdiri dari dua pelari yang secara bergantian akan menempuh jarak masing-masing 160 km.

Pendaftaran Kompas Tambora Challenge 2020 - Lintas Sumbawa 320K sudah bisa dilakukan mulai Jumat (21/2/2020) melalui website resmi tamborachallenge.kompas.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com