Pengaruh Shin Tae-Yong dalam Persiapan Timnas U-16 Indonesia

Kompas.com - 26/01/2020, 19:53 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-16 latihan untuk persiapan AFC Cup U-16 bulan September mendatang di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (17/01/2020) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPemain Timnas Indonesia U-16 latihan untuk persiapan AFC Cup U-16 bulan September mendatang di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (17/01/2020) sore.

SIDOARJO, KOMPAS.com - Ada campur tangan Shin Tae-yong dalam persiapan Timnas U16 Indonesia.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut aktif memberikan masukan untuk memaksimalkan potensi Frezy Al Hudaifi dan kawan-kawan.

Saat ini, timnas U16 ditangani oleh Bima Sakti. Tetapi selama persiapan, Bima mengaku beberapa kali berkonsultasi dengan Shin Tae-yong. 

Bima tidak segan meminta masukan kepada pelatih tersebut, yang pernah membawa timnas Korea Selatan menumbangkan Jerman. 

Baca juga: Timnas U19 Indonesia di Bawah Shin Tae-yong Kalah Lagi di Thailand

Hingga saat ini, Bima mengatakan ada beberapa hal yang menjadi perhatian lintas kelompok usia tersebut. Salah satunya adalah mengenai masalah fisik pemain. 

“Usia U16 fisiknya berbeda, kami diberikan kesempatan Shin Tae Yong turun ke bawah," ujar Bima.

"Dia memberikan informasi yang positif buat kami dan juga pelatih fisik, sehingga diatur sedemikian rupa,” tambah Bima.

Bima mengatakan, filosofi bermain ala Korea Selatan yang diusung Shin Tae-yong hampir sama dengan filosofi bermain timnas U16.

Dengan demikian, saran dan kritik yang diberikan cukup banyak mengena bagi tim pelatih.

“Yang menjadi background Tae-yong hampir sama 4-3-3, khas bertahan 4-1-1,“ ucapnya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X