Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U19 Mulai Mengerti Keinginan Shin Tae-yong

Kompas.com - 23/01/2020, 11:00 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

Sumber PSSI

KOMPAS.comTimnas U19 Indonesia sudah menjalani progam latihan hari kedua di Alpine Football Camp Training, Chiang Mai, Thailand, pada Rabu (22/1/2020).

Sebanyak 28 pemain ikut serta. Semua pemain tersebut diambil dari hasil seleksi yang diadakan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, 13-17 Januari 2020.

Agenda latihan tetap sama seperti hari pertama, yakni dimulai dengan berlatih gym pada pagi hari dan dilanjutkan ke lapangan.

“Kami awali latihan seperti biasa, pagi dan sore. Pagi, jogging dan latihan ringan," ucap pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dikutip dari laman PSSI.

Baca juga: Shin Tae-yong Paparkan Performa Timnas U19 Indonesia di Thailand

"Ada juga latihan lain dan berbeda dari kemarin, hari ini kami (lebih) fokus bagaimana para pemain nanti bisa mengoper bola dengan baik dan benar. Baik umpan pendek atau panjang," tutur pelatih asal Korea Selatan itu.

Mengenai adaptasi dengan metode latihan dan iklim, pemain timnas U19, Bagas Kaffa, mengatakan bahwa ia dan rekan-rekan setimnya mulai mengerti apa yang diingikan Shin.

“Kami sedikit demi sedikit mulai mengetahui seperti apa latihan yang mau diberikan pelatih Shin Tae Yong dan staf pelatih lainnya," kata Bagas Kaffa.

"Kalau (iklim) Thailand, saya sudah tahu cuaca dan bagaimana adaptasinya. Mungkin beberapa teman yang lain juga sama, atau beberapa yang belum biasa."

“Bersyukur bisa mengikuti pemusatan latihan di Thailand ini, kami akan belajar banyak lagi dengan coach Shin dan stafnya juga," ujar Bagas.

Timnas U19 rencananya juga akan melakoni laga uji coba di Thailand.

Baca juga: Kiper Persebaya Nikmati Latihan Timnas U19 Era Shin Tae-yong

Lawannya adalah tim-tim Thailand hingga Korea Selatan. Setidaknya ada enam kali laga uji coba yang akan dilakoni timnas U19.

“Kalau tim-tim Thailand kami mungkin tahulah ya, kalau Korea (Seletan) mungkin tidak jauh berbeda dengan Korea Utara. Ya, saya akan memberikan yang terbaik untuk negara,” ucap Bagas Kaffa.

Adapun progam latihan timnas U19 di Thailand ini akan digelar selama 12 hari, atau hingga akhir Januari 2020.

Ini merupakan persiapan timnas U19 Indonesia dalam menyambut beberapa turnamen ke depan.

Terdekat adalah Piala AFF U19 2020 yang belum diketahui jadwalnya. Dalam ajang ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PSSI
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com