Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Baru: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 16/03/2024, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Media baru (new media) adalah sebutan untuk media yang memiliki karakteristik baru atau terhubung dengan internet.

Apa itu media baru (new media)?

Pengertian media baru

Menurut Mahyuddin dalam buku Sosiologi Komunikasi (2019), media baru adalah terminologi untuk menjelaskan konvergensi teknologi dan komunikasi digital.

New media menekankan pada penting komputerisasi dan teknologi yang terhubung ke jaringan internet.

Dikutip dari buku Pemahaman dan Strategi Komunikasi Politik (2023) oleh Syahrial Syarbaini, berikut pengertian media baru menurut Marshall McLuhan:

Baca juga: Jenis-jenis New Media (Media Baru)

"Media baru adalah perkembangan teknologi komunikasi, yang dalam sejarahnya telah memperluas jangkauan komunikasi manusia."

McLuhan menggunakan istilah new media untuk mengartikan suatu hal yang muncul di zamannya kala itu.

Namun, seiring berjalannya waktu, istilah media baru ini terus bertahan dan berkembang.

Kini, media baru diartikan sebagai istilah yang memayungi aktivitas komunikasi, dalam kaitannya dengan teknologi digital dan internet.

Kesimpulannya, pengertian media baru adalah istilah yang menjelaskan soal aktivitas komunikasi, di mana hal itu berhubungan dengan teknologi dan internet.

Baca juga: Pengertian New Media dan Manfaatnya

Contoh media baru

Dilansir dari buku Konvergensi Media (2022) karya Jokhanan Kristiyono, salah satu contoh media baru (new media) ialah blog.

Dewasa ini, manusia dapat memanfaatkan blog sebagai media komunikasi, baik untuk menuangkan kreativitasnya atau menyebarkan informasi penting.

Contoh media baru lainnya ialah media sosial serta online communication, seperti email, Line, WhatsApp, aplikasi Telegram, dan lain-lain.

Surat kabar online, podcast, vlog, virtual reality, website, dan online forums adalah beberapa contoh media baru lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com