Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Media Menurut Ahli

Kompas.com - 15/08/2023, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Kata media berasal dari bahasa Latin medius yang berarti tengah, perantara atau pengantar. Berikut pengertian media menurut ahli, yaitu: 

  • Menurut Gerlach dan Ely

Dilansir dari bukunya Teaching and Media: A Systematic Approach (1971), Gerlach dan Ely  mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap.

Definisi ini menekankan bahwa guru, materi dan lingkungan sekolah merupakan media yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.

  • Menurut Blake dan Horalsen

Media merupakan medium yang digunakan untuk membawa atau menyampaikan suatu pesan, di mana medium ini merupakan jalan atau alat dengan suatu pesan berjalan antara komunikator dengan komunikan.

  • Menurut Briggs 

Disadur dari buku Media Pendidikan (2014) karya Arif S Sadiman, media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. 

Baca juga: 7 Pengertian Media Pembelajaran Menurut Ahli

  • Menurut Asosiasi Pendidikan Nasional

Asosiasi Pendidikan Nasional dalam buku Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya (2018) oleh Arief Sadiman dan teman-teman, media adalah segala bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio visual serta peralatannya. Media seharusnya bisa dimanipulasi, didengar, dilihat dan dibaca.

Dalam hal ini, media merupakan segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari pengirim pesan kepada penerima pesan yang mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian peserta didik sehingga terjadi proses belajar.

  • Menurut Purnamawati dan Eldarni

Dalam bukunya yang berjudul Media Pembelajaran (2001) karya Purnamawati dak Eldani, media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar.

  • Menurut Arsyad  

Media adalah semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan atau pendapat, sehingga ide, gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima yang dituju.

Baca juga: Pengertian dan Jenis-jenis Media Image

 

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com