Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Koperasi Sekolah, Tujuan, Fungsi, dan Jenisnya 

Kompas.com - 18/04/2023, 22:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Koperasi sekolah termasuk dalam koperasi khusus, yaitu koperasi tidak berbadan hukum tetapi dapat melakukan kegiatan ekonomi. 

Disadur dari buku Seluk Liku Koperasi Sekolah (1982) oleh Ima Suwandi, pengertian koperasi sekolah adalah koperasi yang anggotanya terdiri dari siswa-siswa sekolah dasar, sekolah menengah tingkat pertama, sekolah menengah tingkat atas, pondok pesantren, dan lembaga pendidikan lain yang setaraf. 

Sehingga, koperasi sekolah merupakan suatu perserikatan yang ada di sekolah dengan menjual kebutuhan atau keperluan belajar mengajar dengan harga relatif murah dan dikelola oleh semua warga sekolah tersebut. 

Status koperasi yang dibentuk di sekolah adalah koperasi terdaftar, namun tetap mendapat pengakuan sebagai perkumpulan koperasi. 

Pengakuan tersebut dari pemerintah yang berasal dari dirjen koperasi, merupakan izin untuk menjalankan kegiatan usaha koperasi sekolah. 

Baca juga: Mengapa Koperasi Sekolah Tidak Disahkan sebagai Badan Hukum?

Tujuan dan fungsi koperasi sekolah 

Dilansir dari buku Manajemen Layanan Khusus di Sekolah (2022) oleh Wildan Zulkarnain, berikut tujuan dan fungsi koperasi sekolah, yaitu: 

Tujuan koperasi sekolah 

Tujuan koperasi sekolah, sebagai berikut: 

  • Menunjang pendidikan yang dilakukan di dalam kelas dengan berbagai tindakan praktik yang berhubungan dengan kegiatan koperasi. 
  • Menanamkan rasa harga diri, menanamkan kesamaan derajat, dan menumbuhkan ajaran demokrasi, serta membangkitkan sikap berani mengemukakan pendapat terhadap peserta didik yang menjadi anggotanya. 
  • Mengenalkan kepada peserta didik mengenai koperasi dalam praktik sekaligus mengenyam hasil usaha koperasi untuk dirinya sendiri. 
  • Memberi kesempatan peserta didik untuk melaksanakan kegiatan usaha koperasi, seperti bidang pembukuan, kasir, administrasi, dan bidang lainnya.

 Baca juga: Koperasi: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Prinsip, dan Jenisnya

Fungsi koperasi sekolah 

Koperasi sekolah memiliki dua fungsi utama, yaitu: 

  • Fungsi ekonomi 

Fungsi ekonomi yaitu bagaimana memenuhi kebutuhan dengan berprinsip ekonomi. 

  • Fungsi sosial 

Fungsi sosial yaitu akan terjadi proses tolong-menolong dan gotong royong antarsesama anggota koperasi. 

Dengan koperasi sekolah, peserta didik menjadi terbentuk pola sikap dan karakter untuk selalu menggunakan koperasi dalam kehidupan ekonomi dan sosial. 

Selain dua fungsi utama, koperasi sekolah juga sebagai wahana pembentuk kader-kader koperasi di masyarakat.

Untuk itu, pengelolaan koperasi sekolah juga melibatkan peserta didik secara aktif yang dibimbing oleh guru. 

Harapannya, dapat membuat peserta didik mampu mengelola koperasi di lingkungan masyarakat ke depannya. 

Baca juga: Koperasi: Tujuan, Syarat Pendirian, dan Perannya dalam Kegiatan Ekonomi

Jenis usaha koperasi sekolah 

Pada dasarnya koperasi sekolah didirikan untuk membantu memenuhi kebutuhan para siswa. Untuk itu jenis usaha koperasi sebaiknya mempertimbangkan kebutuhan siswa tersebut. 

Kegiatan usaha yang bisa dilakukan koperasi sekolah di antaranya :

  • Unit usaha pertokoan, unit ini bertujuan melayani kebutuhan pokok para siswa. Umumnya barang yang disediakan di toko adalah alat tulis, seragam sekolah, buku pelajaran dan barang lainnya.
  • Unit usaha cafetaria/kantin sekolah, unit ini bertujuan menyediakan kebutuhan makanan dan minuman bagi siswa dengan harga murah, kebersihan dan kesehatan lebih terjaga, serta siswa tidak perlu ke luar lingkungan sekolah.
  • Unit usaha simpan pinjam, unit ini bertujuan mendidik siswa untuk hemat dan gemar menabung. Unit ini juga bisa memberikan pinjaman pada siswa yang membutuhkan.
  • Unit usaha jasa lainnya, unit ini bertujuan memberikan layanan jasa pada para siswa. Unit ini disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan ekonomi masyarakat. Unit dapat berupa usaha fotocopy, penjilidan, pengetikan serta lainnya.

Baca juga: 5 Keunggulan Koperasi Dibandingkan Badan Usaha Lainnya

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com