Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Rumah Adat Suku Dayak di Kalimantan

Kompas.com - 25/02/2023, 20:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Terdapat banyak rumah adat di Indonesia dengan berbagai model yang berbeda-beda serta keunikannya sendiri.

Suku Dayak merupakan penduduk asli yang mendiami pulau Kalimantan.Sama seperti daerah lainnya, Suku Dayak memiliki beragam rumah adat. Berikut macam-macam rumah adat Suku Dayak, yaitu:

Rumah Adat Betang Khas Kalimantan Tengah

Salah satu rumah adat yang berada di Kalimantan Tengah adalah rumah adat Betang. Rumah adat ini dihuni oleh masyarakat Dayak terutama di daerah hulu sungai dengan pemukiman utama bagi masyarakat suku Dayak.

Rumah Adat Betang memiliki bentuk seperti rumah panggung serta dibuat secara memanjang. Terdapat beberapa rumah Betang yang dibuat, memiliki panjang hingga 150 meter serta lebarnya hingga 30 meter.

Karena bentuk rumah yang besar, biasanya dihuni oleh banyak penduduk setidaknya minimal 100 orang dalam satu rumah.

Baca juga: Macam-macam Ragam Hias Papua dan Kalimantan Beserta Maknanya

Rumah adat Batang juga dapat dikatakan sebagai salah satu rumah suku terbesar karena didalamnya terdapat juga satu keluarga besar sebagai penghuni utama serta dipimpin oleh seorang kepala yang bernama Pam Bakas Lewu.

Rumah adat ini juga tidak menjadi sebuah rumah tinggal yang mewah, melainkan sebuah hunian sederhana agar masyarakat kemudian dapat tinggal dengan damai di dalamnya serta dapat hidup secara normal. Di dalam rumah Betang ini juga terdapat beberapa aspek penting, seperti:

  • Aspek penghunian yang merupakan sebuah struktur multi-keluarga permanen yang tinggal bersama di dalamnya.
  • Aspek hukum karena di dalamnya memiliki sebuah aspek kepemilikan yang jelas. Rumah ini juga dimiliki oleh semua keluarga secara bersama untuk menguasai semua tanah di wilayah rumah Betang.
  • Aspek ekonomi karena rumah Betang juga memiliki peran yang sangat penting dalam distribusi arus tenaga serta pembagian hasil antarkeluarga yang ada di dalamnya.

Rumah Betang Muara Mea

Rumah Betang Muara Mea umumnya berlokasi di sebuah desa bernama Muara Mea. Rumah Muara Mea sendiri memiliki tampilan modern karena pada dindingnya diberikan cat serta dilukis sehingga membuatnya lebih menarik dan indah dipandang.

Lukisan dan gambar yang berada pada dinding rumah adat ini kemudian dibuat sebagai salah satu identitas yang sangat khas dari masyarakat Suku Dayak.

Rumah Betang Damang Batu

Masyarakat Suku Dayak sendiri juga sangat menjaga keasrian lingkungan sekitar. Masyarakat Suku Dayak kerap menjaga keasrian lingkungan sekitar.

Rumah adat Kalimantan Tengah yang berlokasi di Desa Tumbang Anoi bernama rumah Betang Damang Batu.

Rumah adat ini menjadi tempat berkumpul seluruh kepala suku Dayak di Kalimantan. Bahkan difungsikan juga sebagai tempat untuk perjanjian damai.

Keunikan dan ciri khas Rumah Betang Damang Batu adalah umurnya yang sudah tua, dibangun sejak tahun 1868 dan menjadi rumah adat tertua di Kalimantan Tengah.

Rumah ini juga dibangun dengan arah menghadap ke sungai Kahayan serta memiliki pemandangan yang sangat indah.

Baca juga: Mengenal Upacara Penanaman Tembuni, Kalimantan Selatan 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com