Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Konflik Menurut Para Ahli

Kompas.com - 12/01/2023, 17:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comKonflik adalah hal yang kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan lingungan sosial. Namun, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan konflik. Untuk mengetahuinya, berikut adalah pengertian konflik menurut pada ahli!

Lewis A. Coser

Pengertian konflik menurut Lewis A. Coser dalam bukunya yang berjudul The Function of Socisl Conflict (1956), konflik adalah perjuangan atas nilai-nilai dan atau tuntutan atas status, kekuasaan, dan sumber daya yang langka dengan tujuan menetralkan lawan atau menghilangkan saingan.

Baca juga: Konflik: Pengertian dan Penyebab Terjadinya

Kartono dan Gulo

Pengertian konflik menurut K. Kartono dan D. Gulo dalam buku Kamus Psikologi (1987), konflik adalah proses sosial yang bersifat antagonistic dikarenakan ketidaksepakatan dalam suatu pendapat, emosi, dan tindakan dengan orang lain.

Robert M. Z. Lawang

Menurut Robert M. Z. Lawang, konflik adalah perjuangan memperoleh status, nilai, kekuasaaan, di mana tujuan mereka yang berkonflik tidak hanya memperoleh keuntungan, tetapi juga menundukkan saingannya.

Berger dan Luckman

Menurut Berger dan Luckman dalam buku berjudul The Social Constraction of Reality: A Treatise in the Sociology of Knowledge (1996), menyebutkan bahwa konflik adalah ketidaksesuaian tujuan, nilai, kebutuhan harapan atau ideologi.

Baca juga: Konflik sebagai Penyebab Perubahan Sosial

Max Weber

Pengertian konflik menurut Max Weber adalah persaingan antara kelompok sosial atau individu akibat perbedaan nilai, status, dan rasa kehormatan pribadi dan biasanya mengarah pada penguatan kekuasaan.

Gilin dan Gilin

Menurut Gilin dan Gilin, konflik adalah bagian dari proses sosial antara individu atau kelompok yang terjadi karena adanya perbedaan fisik, emosi, kebudayaan, dan perilaku.

Karl Marx

Menurut Karl Marx, konflik adalah persaingan untuk mendapatkan sumber daya yang terbatas. Konflik adalah bentuk pertentangan yang dapat ditemukan di mana-mana.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com