Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2022, 22:00 WIB

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Bangsa Indonesia memiliki beragam jenis karya sastra yang berkembang dari masa ke masa. Karya sastra menggambarkan kehidupan masyarakat Indonesia pada setiap masa dengan berbagai bentuk karya.

Sastra Indonesia yang berkembang, dikelompokkan berdasarkan suatu masa tertentu dengan ciri khas karya sastranya. Kemudian dikenal dengan istilah angkatan sastra.

Berikut kelompok-kelompok angkatan sastra Indonesia, yaitu: 

Angkatan 1920 (Angkatan Balai Pustaka)

Angkatan 20-an disebut juga angkatan Balai Pustaka, karena angkatan ini dilahirkan pada tahun 1920-an.

Disebut angkatan Balai Pustaka, karena banyak karya-karya sastra pada zaman itu diterbitkan oleh penerbit Balai Pustaka. Angkatan ini disebut juga angkatan Siti Nurbaya, karena roman yang berjudul Siti Nurbaya karya marah Rusli sangat laris di pasaran pada saat itu dan banyak digemari oleh masyarakat. 

Balai Pustaka sebagai lembaga bacaan yang didirikan pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1917 dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan bacaan masyarakat pada saat itu.

Karya sastra yang lahir sejak 1920-an digolongkan ke dalam sastra baru. Karya sastra pada saat itu sudah mengalami kemajuan yang amat pesat.

Karya sastra yang dihasilkan kebanyakan berbentuk sajak, roman, dan drama. Misalnya Azab dan Sengsara karya Merari Siregar tahun 1922 berbentuk roman, Tanah Air karya Moh Yamin tahun 1922 (kumpulan sajak), Airlangga karya Sanusi Pane tahun 1928 (drama sejarah), dan lain sebagainya.

Baca juga: Contoh Karya Sastra yang Berbentuk Puisi

Angkatan 1930 (Angkatan Pujangga Baru)

Nama Angkatan 30 atau Angkatan Pujangga Baru diambil dari majalah sastra yang terbit pada tahun 1933. Peran majalah Pujangga Baru sangat besar untuk memperkenalkan karya-karya sastra para pengarang pada saat itu, baik yang berbentuk sajak, cerpen, roman, atau drama.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+