Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerak: Pengertian dan Jenis-jenisnya

Kompas.com - 08/09/2022, 13:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Gerak adalah perpindahan atau pergeseran benda. Secara umum, benda dikatakan bergerak apabila terjadi perubahan posisi dari satu titik ke titik lain. Artinya, benda bergerak ketika posisinya berubah.

Gerak merupakan salah satu gejala alam yang terjadi setiap saat di lingkungan sekitar kita.

Dalam kehidupan sehari-hari makhluk hidup atau suatu benda tidak pernah terlepas dari adanya pergerakan, seperti halnya ketika kita sedang berjalan, berlari, bersepeda, olahraga, dan lain-lain.

Contohnya adalah bola yang menggelinding dari dataran tinggi menuju dataran rendah. Bola yang posisi awalnya di dataran tinggi, bergerak menjauh dari titik awal menuju daerah yang lebih rendah karena adanya gaya gravitasi dan bentuk bola yang bulat.

Baca juga: Gaya: Hubungannya dengan Gerak, Sifat, dan Jenisnya

Contoh lainnya adalah matahari yang bergerak dari timur ke barat. Sebenarnya yang bergerak bukan matahari yang mengitari bumi, tetapi bumi yang bergerak karena rotasi yang bergerak menuju porosnya. Sehingga, kita melihat bahwa matahari sedang menjauhi titik awalnya.

Menurut ilmu fisika, gerak diartikan sebagai perpindahan posisi benda dari keadaan awal (semula) ke keadaan akhir terhadap suatu acuan tertentu.

Posisi tersebut merupakan besaran vektor, yang menyatakan kedudukan suatu benda terhadap titik acuan berhubungan dengan perpindahan, dan kecepatan.

Sementara, kedudukan benda dinyatakan dalam suatu besar dan arah. Sedangkan, jarak yang ditempuh suatu benda merupakan panjang seluruh lintasan yang dilewati.

Baca juga: Vektor: Pengertian, Notasi, Jenis, dan Sifat-sifatnya

Jenis-jenis gerak benda

Gerak benda dibagi menjadi beberapa jenis bergantung pada bentuk lintasan, acuan pengamatan, dan kecepatannya. Berikut pemaparannya: 

Berdasarkan bentuk lintasannya

Jenis-jenis gerak benda berdasarkan bentuk lintasannya, yaitu: 

  • Gerak lurus

Gerak lurus adalah gerak benda yang lintasannya berupa garis lurus. Contohnya, kendaraan yang berjalan, seperti motor, mobil, sepeda, kereta api yang melaju pada rel yang lurus, buah apel yang jatuh dari pohonnya, dan semua obyek yang bergerak pada lintasan lurus.

  • Gerak melingkar

Gerak melingkar adalah gerak benda yang terjadi pada lintasan melingkar dengan jari-jari di pusat lingkaran.

Dalam hal ini, jarak dari pusat putaran adalah sama, hanya posisinya yang berubah. Contoh gerak melingkar ketika melihat roda kendaraan yang bergerak melingkar pada porosnya, jarum jam analog, bianglala, bumi yang berotasi, dan baling-baling pesawat.

Baca juga: Hubungan Gerak Lurus dan Gerak Melingkar

  • Gerak parabola

Gerak parabola adalah gerak yang dalam lintasannya membentuk parabola atau melengkung. Contohnya, pada meriam yang bisa meluncurkan peluru dan bola yang melambung ketika ditendang atau dilemparkan ke atas.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com