Kompas.com - 08/10/2020, 17:35 WIB
Bianglala di We The Fest 2019 di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (20/7/2019). Dok. We The Fest Bianglala di We The Fest 2019 di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (20/7/2019). Dok. We The Fest

KOMPAS.com - Apakah kalian pernah berpikir bahwa gerak lurus dan gerak melingkar memiliki hubungan yang sama? Jika iya, bagaimanakah hubungan keduanya?

Untuk menjawabnya, mari kita simak penjelasan mengenai hubungan gerak lurus dan gerak melingkar di bawah ini.

Gerak lurus dan gerak melingkar termasuk dalam ruang lingkup kajian mekanika. Dilansir dari Buku Ajar Mekanika dan Aplikasinya (2019), mekanika merupakan ilmu yang mempelajari kondisi benda yang diam atau bergerak akibat pengaruh gaya yang bereaksi padanya.

Persamaan dari gerak lurus dan gerak melingkar adalah keduanya mengkaji benda yang bergerak.

Baca juga: Percepatan Sentripetal pada Gerak Melingkar Beraturan

Gerak lurus merupakan perubahan posisi suatu benda pada lintasan yang lurus. Sedangkan gerak melingkar merupakan perubahan posisi suatu benda pada lintasan melingkar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gerak lurus beraturan dan gerak melingkar beraturan sama-sama memiliki percepatan yang konstan. Tetapi pada gerak lurus, percepatannya disebut percepatan linear, sedangkan untuk gerak melingkar dinamakan percepatan sudut.

Kecepatan pada gerak lurus dinamakan kecepatan linear, sedangkan pada gerak melingkar disebut kecepatan sudut. Posisi pada gerak lurus dinamakan jarak, sedangkan untuk gerak melaingkar disebut sudut jarak.

Terakhir adalah selang waktu tempuh yang pada penyebutan keduanya adalah sama. Hubungan antara gerak lurus berubah beraturan dengan gerak melingkar berubah beraturan dapat kita lihat pada tabel di bawah.

Baca juga: Kecepatan Linear dan Kecepatan Sudut dalam Gerak Melingkar

Risya Fauziyyah Hubungan gl dan gm

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.