Kompas.com - 15/08/2022, 14:00 WIB

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Manusia selalu membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari. Kegunaan air antara lain untuk keperluan rumah tangga, pertanian, industri, dan untuk pembangkit listrik. Begitu besarnya kebutuhan manusia akan air.

Mengapa air selalu tersedia di bumi? Air selalu tersedia di bumi karena air mengalami siklus. Siklus air atau disebut siklus hidrologi adalah sirkulasi (perputaran) air secara terus menerus dari bumi ke atmosfer, lalu kembali ke bumi.

Proses siklus air 

Siklus air ini terjadi melalui proses penguapan, pengendapan, dan pengembunan. Proses siklus air dikenal dengan evaporasi, transpirasi, kondensasi, presipitasi, dan infiltrasi.

Berikut penjelasannya: 

Evaporasi

Evaporasi merupakan proses penguapan air yang ada di permukaan bumi seperti air laut, sungai, danau, rawa, sumur, dan sebagainya menuju ke atmosfer. Penguapan ini terjadi akibat adanya pemanasan dari sinar matahari.

Pada proses ini air akan berubah menjadi uap air atau gas selanjutnya akan naik hingga pada ketinggian tertentu di atmosfer.

Baca juga: Klasifikasi Rawa Berdasarkan Jenis Air, Lokasi, dan Vegetasinya

Transpirasi

Transpirasi adalah penguapan air yang terjadi pada tumbuhan. Berbeda dengan evaporasi, proses transpirasi merupakan pelepasan molekul air sebagai hasil metabolisme dari tumbuh-tumbuhan.

Kondensasi

Pada tahapan ini terjadi perubahan uap air di atmosfer menjadi partikel es yang sangat kecil di suhu yang rendah. Partikel es tersebut saling mendekat satu sama lain sehingga akan menggumpal dan menjadi awan.

Kemudian awan akan berpindah ke tempat yang lebih tinggi karena terbawa angin. Semakin tinggi suatu tempat, maka suhunya akan semakin rendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.