Kompas.com - 12/08/2022, 19:15 WIB

KOMPAS.comMedan listrik adalah daerah di mana gaya listrik dari suatu muatan berpengaruh. Medan listrik memiliki sifat-sifat tertentu. Sifat-sifat medan listrik adalah:

Arah garis medan listrik muatan positif keluar

Sifat medan listrik yang pertama adalah arah garis medan listrik muatan positif keluar.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, muatan positif saling tolak sehingga medan listrik di sekitar muatan positif terisolasi berorientasi radial ke luar.

Baca juga: Medan Listrik: Pengertian dan Rumusnya

Adapun, medan listrik mengarah dari muatan positif ke muatan negatif. Sehingga, arah garis medan listrik dari muatan positif mengarah ke luar atau menjauhi muatan positif tersebut.

Arah garis medan listrik muatan negatif masuk

Dilansir dari Physics LibreTexts, muatan negatif menarik muatan positif dan menciptakan medan listrik yang mengarah ke dalam.

Sehingga, arah garis medan listrik dari muatan negatif digambarkan ke dalam atau mendekati muatan negatif tersebut.

Baca juga: Manfaat Gaya Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Garis-garis medan listrik tidak saling berpotongan

Sifat medan listrik selanjutnya adalah garis-garis medannya tidak pernah saling berpotongan. Hal tersebut karena garis gaya listrik lain dapat ditarik ke garis medan listrik yang berdekatan.

Kerapatan garis menunjukkan kuat medan listrik

Sifat medan listrik selanjutnya adalah kerapatan garis-garis medan listrik menunjukkan besarnya atau kuatnya medan listrik.

Makin rapat garis-garis medan listrik, maka makin besar atau kuat juga medan listriknya.
Baca juga: Muatan dan Medan Listrik

Dilansir dari The Physics Classroom, garis-garis medan listrik lebih rapat di daerah-daerah ruang yang paling dekat dengan muatan, lalu tersebar jauh ke ruang yang jauh dari muatan.

Artinya, makin mendekati sumber muatan maka makin besar juga medan listriknya. Sebaliknya, makin jauh dari sumber muatan maka makin lemah juga medan listriknya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.