Kompas.com - 13/08/2022, 12:00 WIB

Oleh: Rina Kastori, Guru SMPN 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Indische Partij (IP) atau Partai Hindia merupakan salah satu organisasi yang berdiri pada era pergerakan nasional di Indonesia pada awal abad ke-20.

Sejarah perjuangan perhimpunan berhaluan politik yang cukup keras ini digagas oleh Tiga Serangkai, terdiri dari E.F.E Douwes Dekker, Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara), dan Tjipto Mangoenkoesoemo. 

Mereka mendirikan Indische Partij di Bandung, Jawa Barat, tanggal 25 Desember 1912. Indische Partij cukup berani melancarkan kritikan terhadap pemerintah kolonial Hindia Belanda.

Baca juga: 6 Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia

Berdirinya Indische Partij (IP)

Dikutip dari Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia (1993), Indische Partij adalah organisasi kebangsaan di era pergerakan nasional yang memiliki program jelas untuk menegakkan semangat nasionalisme. 

Pendirian Indische Partij digagas oleh seorang jurnalis berdarah campuran yakni E.F.E Douwes Dekker atau Danudirja Setiabudi. 

Ia mengelola surat kabar De Expres yang nantinya menjadi media propaganda IP. Pada 1912, Douwes Dekker mengajak Suwardi Suryaningrat dan Tjipto Mangoenkoesoemo yang saat itu tercatat sebagai anggota Budi Utomo.

Lantaran berbeda pandangan dengan angkatan tua di Budi Utomo, Suwardi dan Tjipto memutuskan keluar, lalu bersama Douwes Dekker membentuk Indische Partij pada 25 Desember 1912. 

Tujuan pendirian organisasi ini adalah terciptanya kerja sama antara orang Indo dengan bumi putera. 

Baca juga: Alasan Sumpah Pemuda Menjadi Puncak Pergerakan Nasional 

Pemikiran Douwes Dekker

Dilansir dari The Idea of Indonesia: A History (2008) oleh Robert Elsom, menyebut bahwa Douwes Dekker merupakan pemikir nasionalis. 

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.