Kompas.com - 12/08/2022, 17:28 WIB

KOMPAS.com – Ketika mempelajari kelistrikan, ada yang disebut dengan medan listrik. Apa yang dimaksud dengan medan listrik dan apa rumus medan listrik? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian medan listrik

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, medan listrik adalah besaran listrik yang terkait dengan setiap titik dalam ruang ketika muatan hadir dalam bentuk apa pun.

Medan listrik bersumber dari gaya listrik yang dihasilkan oleh suatu muatan listrik, baik muatan positif maupun muatan negatif.  

Sehingga, medan listrik dapat diartikan sebagai daerah di mana ada pengaruh gaya listrik dari satu atau lebih muatan listrik.

Baca juga: Manfaat Gaya Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Dilansir dari Thought Co, medan listrik divisualisasikan atau digambarkan sebagai garis panah yang menuju atau menjauh dari muatan.

Arah panas garis medan listrik dari muatan positif mengarah ke luar muatan. Adapun, arah panah garis medan listrik dari muatan negatif mengarah ke dalam muatan.

Hal ini menunjukkan bahwa listrik mengalir dari muatan positif ke muatan negatif.

Rumus medan listrik

Dilansir dari Khan Academy, medan listrik adalah gaya listrik yang bekerja pada muatan yang berubah-ubah.

Sederhananya, medan listrik dapat dihitung sebaga gaya listrik per satuan muatan. Sehingga, memiliki satuan berupa newton per coulomb (N/C).

Baca juga: Muatan dan Medan Listrik

Maka, rumus medan listrik dapat dituliskan sebagai besar gaya listrik dibagi bedar muatannya sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.