Kompas.com - 12/08/2022, 14:24 WIB

KOMPAS.com – Tumbuhan dapat tumbuh karena keberadaan jaringan meristem apikal. Perkembangan meeristem apikal pada tumbuhan disimpulkan dalam teori histogen.

Teori Histogen dinyatakan oleh seorang ahli botani asal Jerman bernama Johannes von Hanstein pada tahun 1868.

Teori Histogen Hanstein mengusulkan bagaimana pertumbuhan tumbuhan terjadi karena keberadaan meristem apikal.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, teori histogen menyatakan bahwa tiga jaringan utama akar dan pucuk (silinder vaskular, korteks, dan epidermis) berasal dari tiga kelompok sel awan atau histogen pada meristem apikal.

Baca juga: Jaringan Meristem: Struktur, Fungsi, dan Ciri-cirinya

Artinya, secara keseluruhan tumbuhan terbentuk dari histogen atau tiga zona sel meristematik yang berbeda (bukan hanya dari satu jaringan meristem apikal saja).

Dilansir dari Biology Discussion, histogen pada pucuk dan akar terdiri dari tiga zona meristematik yatu dermatogen, perible, dan juga plerome.

Ketiga histogen tersebut bertanggung jawab dalam pertumbuhan tumbuhan dan membentuk berbagai jaringan yang berbada pada tumbuhan.

Dermatogen

Dermatogen adalah histogen yang pertama. Dermatogen akan membentuk lapisan terluar tumbuhan, yaitu jaringan epidermis.

Baca juga: Soal UAS Biologi: Jaringan Dewasa pada Tumbuhan

Perible

Perible adalah histogen yang kedua. Histogen akan membentuk lapisan di bawah epidermis, yaitu endodermis dan juga korteks.

Plerome

Adapun, histogen yang terakhir adalah plerome. Plerome akan membentuk jaringan inti tumbuhan yang disebut dengan silinder vaskular atau stele.

Silinder vaskular adalah bagian tengah atau inti dari akar dan juga batang.

Dilansir dari Biology LibreTexts, dalam silinder vaskular terdapat pembuluh xilem dan juga floem yang berperan penting dalam transportasi zat.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.