Kompas.com - 10/08/2022, 16:30 WIB

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Bulan adalah satelit bumi yang biasa kita lihat pada malam hari. Bulan mempunyai ukuran seperempat dari ukuran Bumi.

Bulan bergerak mengelilingi Bumi setiap 27,3 hari pada jarak rata-rata 384.400 kilometer dibawah tarikan Bumi. Bulan tidak memiliki cahaya, cahaya Bulan berasal dari pantulan sinar Matahari, sehingga terlihat menerangi Bumi pada malam hari.

Bulan mengikuti Bumi karena gaya tarik (gravitasi) planet. Meski terlihat diam di langit, Bulan juga bergerak. Tahukah kalian jenis-jenis gerak dan apa dampaknya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Gerhana Bulan dan Matahari: Pengertian, Jenis, dan Proses Terjadinya

Jenis-jenis gerak bulan 

Berikut beberapa jenis-jenis gerak bulan, yaitu: 

  • Rotasi Bulan 

Sama hanya Bumi dan planet lainnya, Bulan juga berputar pada porosnya atau rotasi. Waktu yang diperlukan Bulan untuk melakukan satu kali rotasi sama dengan waktu yang diperlukan Bulan untuk berevolusi mengelilingi Bumi.

Dapat dikatakan bahwa periode rotasi Bulan sama dengan periode revolusinya. Hal itu menyebabkan permukaan Bulan yang menghadap Bumi akan selalu terlihat sama.

  • Revolusi Bulan mengelilingi Bumi

Selain berputar pada porosnya, Bulan juga bergerak mengelilingi Bumi yang disebut revolusi Bulan. Akibat revolusi, Bulan akan tampak berubah-ubah jika dilihat dari Bumi. Perubahan ini disebut fase bulan. Fase bulan dipengaruhi oleh posisi bulan terhadap Bumi dan Matahari.

Revolusi Bulan mengelilingi Matahari

Selain berputar pada porosnya dan bergerak mengelilingi Bumi, Bulan juga bergerak mengelilingi Matahari. Waktu yang diperlukan Bulan mengelilingi Matahari sama dengan waktu yang diperlukan Bumi mengelilingi Matahari.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.