Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lensa Okuler dan Lensa Objektif pada Mikroskop

Kompas.com - 20/07/2022, 12:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comMikroskop adalah salah satu penerapan lensa dalam kehidupan sehari-hari. Mikroskop menggunakan lensa okuler dan lensa objektif untuk melihat benda kecil.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, tujuan mikroskop adalah mengumpulkan gelombang cahaya difraksi dan mengahkannya agar interferensi terjadi.

Sehingga, mikroskop menciptakan bayangan benda yang diperbesar. Mikroskop membantu manusia dalam berbagai bidang terutama kedokteran dan ilmu pengetahuan.

Proses tersebut bergantung pada lensa mikroskop. Secara garis besar, lensa mikroskop dibagi menjadi dua yaitu lensa okuler dan lensa objektif.

Baca juga: Perbedaan Cermin dan Lensa

Lensa objektif

Dilansir dari Lumen Learning, lensa objektif lensa mikroskop berupa lensa cembung dengan jarak fokus yang lebih pendek daripada lensa okular.

Disebut lensa objektif, karena lensa ini diletakkan dekat dengan benda atau objek yang diteliti.

Dengan panjang fokus yang pendek, lensa objektif membentuk bayangan benda yang lebih besar dan merupakan bayangan pertama yang terbentuk pada mikroskop.

Bayangan tersebut bersifat nyata dan terbalik, yang kemudian akan diteruskan ke lensa okuler.

Baca juga: Pembentukan Bayangan pada Cermin Cembung

Lensa okuler

Lensa yang dekat ke mata pada mikroskop disebut okuler. Dilansir dari Physics Libretexts, lensa okuler disebut juga sebagai lensa mata dengan bentuk cembung yang jarak fokusnya panjang.

Lensa okuler menerima bayangan dari lensa objektik. Bayangan tersebut kemudian kembali diperbesar dan menjadi bayangan yang lebih fokus dan mudah untuk diamati.

Bayangan yang dihasilkan oleh lensa okuler sama adalah bayangan yang dilihat pengamat saat menggunakan mikroskop. Bayangan tersebut bersifat maya, terbalik, dan diperbesar.

Mikroskop yang memiliki satu lensa okuler disebut dengan mikroskop monokuler. Sedangkan, mikroskop yang memiliki dua lensa okuler disebut dengan mikroskop binokuler.

Lensa okuler dan lensa objektif adalah kunci dari penemuan mikroskop pada awal tahun 1600-an.

Adapun, lensa okuler dan lensa objektif masih terus digunakan sebagai dasar dari pembuatan berbagai jenis mikroskop modern.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com