Kompas.com - 11/03/2022, 19:05 WIB

KOMPAS.comCermin cembung adalah cermin sferis yang permukaan pantulnya melengkung ke luar. Bagaimanakah pembentukan bayangan pada cermin cembung?

Berikut adalah pembentukan bayangan ada cermin cembung dan sifat bayangan yang terbentuk pada cermin cembung!

Ruang bayangan cermin cembung

Untuk mengetahui proses pembentukan bayangan pada cermin cembung, kita harus mengetahui ruang bayangan pada cermin cembung.

Ada empat ruang dalam cermin cembung. Benda akan selalu ada di ruang 4 (IV) karena merupakan bagian depan dari cermin. Oleh karena itu, ruang 4 cermin cembung juga disebut sebagai ruang benda.

Benda tidak mungkin berada di ruang 1, 2, dan 3 karena ruang tersebut ada di dalam cermin cembung (tidak nyata). Sehingga, tidak mungkin ada pembentukan bayangan pada cermin cembung jika benda berada di ruang 1, 2, ataupun 3.

Baca juga: Cermin Sferis: Pengertian, Jenis, dan Rumusnya

Pembentukan bayangan pada cermin cembung

Pembentukan bayangan pada cermin cembung dapat menunjukkan sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung.

Pembentukan bayangan cermin cembung bergantung pada sinar-sinar istimewanya. Berikut adalah pembentukan bayangan cermin cembung jika benda berada pada ruang 4 yang dekat dan jauh dari cermin!

Pembentukan bayangan benda yang dekat dari cermin cembungKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Pembentukan bayangan benda yang dekat dari cermin cembung

Pembentukan bayangan benda yang jauh dari cermin cembungKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Pembentukan bayangan benda yang jauh dari cermin cembung

Dilansir dari Physics LibreTexts, bayangan yang terbentuk pada cermin cembung memiliki sifat yang maya, tegak, dan diperkecil.

Terlihat pada gambar, bayangan yang dihasilkan berada di belakang cermin cembung. Bayangan terlihat seolah-olah berasal dari dalam cermin. Sehingga, bayangan cermin cembung disebut maya.

Baca juga: Contoh Manfaat Cermin Cembung dalam Kehidupan Sehari-hari

Dilansir dari Lumen Learning, cermin cembung memiliki fokus negatif sehingga merupakan cermin divergen yang sifatnya mengumpulkan cahaya. Fokus negatif dapat terlihat dari titik fokus yang berada di belakang cermin.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.