Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Utama Kingdom Animalia dan Plantae

Kompas.com - 13/06/2022, 16:03 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Makhluk hidup dibagi menjadi beberapa kingdom atau kerjaan, yang paling terkenal adalah Kingdom Animalia dan Plantae. Apakah ciri makhluk hidup yang utama dalam membedakan Plantae dan Animalia? Berikut adalah penjelasannya!

Plantae adalah autotrof, sedangkan Animalia adalah heterotrof

Ciri makhluk hidup yang utama dalam membedakan Plantae dan Animalia adalah cara memperoleh makanan. Baik Plantae (tumbuhan) dan Animalia (hewan), keduanya adalah makhluk hidup yang memerlukan makanan.

Plantae adalah autotrof. Artinya, tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri dari faktor abiotik (melalui fotosintesis) dan berperan sebagai produsen di alam.

Sedangkan, Animalia adalah heterotrof. Dilansir National Geographic, heterotrof adalah organisme yang memakan tumbuhan atau hewan lain untuk mendapatkan energi dan nutrisi.

Baca juga: Organisme Heterotrof dan Jenis-jenisnya

Sebagian besar Animalia melakukan reproduksi seksual

Anggota kingdom Plantae sebagian besar dapat bereproduksi secara seksual dan aseksual.

Sedangkan, sebagian besar anggota Kingdom Animalia melakukan reproduksi seksual dan hanya sedikit filum saja yang melakukan reproduksi aseksual.

Animalia melakukan gerakan yang lebih bebas dan terlihat

Ciri makhluk hidup yang utama dalam membedakan Plantae dan Animalia adalah gerakan tubuhnya. Secagai makhluk hidup, hewan dan tumbuhan dapat bergerak sesuai dengan rangsangan. Namun, jenis gerakannya yang berbeda.

Animalia memiliki alat gerak (otot dan tulang) yang memungkinkannya untuk bergerak dengan bebas dari satu tempat ke tempat lain.

Baca juga: Gerak pada Tumbuhan

Namun, hewan tidak memiliki alat gerak seperti otot dan tulang. Tumbuhan bergerak dengan jauh sangat lambat, tidak terlihat jelas, dan tidak bebas.

Gerakan tumbuhan cenderung sangat sedikit, sesuai dengan rangsangan yang diberikan. Tidak seperti hewan, tumbuhan tidak bisa menggerakkan seluruh anggota tubuhnya juga tidak bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Plantae terus tumbuh, sedangkan hewan berhenti saat dewasa

Ciri makhluk hidup yang utama adalah tumbuh dan berkembang. Plantae dan Animalia, keduanya tumbuh dan berkembang namun dengan cara yang berbeda.

Dilansir dari A Leading UK University of Leicester, Animalia atau hewan tumbuhan hingga mencapai kedewasaan kemudian akan tetap pada ukuran konstan.

Artinya, pertumbuhan hewan berhenti saat dewasa, namun mereka masih tetap berkembang.

Baca juga: Apa Saja Ciri-ciri Makhluk Hidup?

Sedangkan, plantae atau tumbuhan tidak memiliki kedewasaan. Artinya, tumbuhan akan terus tumbuh, bertambah besar ataupun bertambah tinggi di sepanjang hidupnya.

Animalia bernapas melalui organ pernapasan, sedangkan Plantae tidak

Perbedaan antara Kingdom Animalia dan Kingdom Plantae selanjutnya adalah alat pernapasan. Animalia bernapas melalui organ pernapasan seperti paru-paru, insang, bahkan kulit.

Dilansir dari Flexbooks CK-12, tumbuhan tidak memiliki organ khusus untuk bernapas seperti pada hewan. Namun, mereka tetap dapat bertukar oksigen dan karbon dioksida melalui celah pada daun yang disebut stomata.

Baca juga: Perbedaan Fotosintesis dan Respirasi

Plantae tidak memiliki organ ekskresi

Semua anggota Animalia memiliki organ ekskresi yang berfungsi membuang zat sisa dari dalam tubuh. Dilansir dari BBC, tidak seperti hewan, tumbuhan tidak memiliki organ ekskresi khusus.

Zat sisa seperti kelebihan uap air, oksigen, dan karbon dioksida dikeluarkan melalui celah yang sama untuk tumbuhan bernapas yaitu stomata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com