Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keterampilan yang Harus Dimiliki Wartawan

Kompas.com - 02/06/2022, 10:30 WIB
Aldila Daradinanti,
Vanya Karunia Mulia Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wartawan merupakan salah satu profesi di bidang jurnalistik. Tugas utamanya yaitu mencari, meliput, mengumpulkan, dan mengolah informasi menjadi berita untuk disebarkan kepada khalayak.

Dilansir dari buku Opportunities in Journalism Careers (1987) karya John Tebbel, dalam lingkup pekerjaannya, wartawan harus mampu menjadi seorang  periset (researcher), penulis (writer), perencana (planner), penyunting (editor), pelapor (reporter), dan administrator.

Sehingga diperlukan keterampilan dan hal lainnya sebagai bekal utama wartawan dalam menjalankan tugasnya.

Berikut beberapa keterampilan yang harus dimiliki wartawan:

Naluri berita

Menurut Luwi Ishara dalam buku Jurnalisme Dasar (2017), bagi wartawan, ketiadaan bisa menjadi sesuatu. Kata lainnya, wartawan bisa menuturkan cerita tersirat di balik suatu kisah, karena wartawan memiliki naluri berita.

Wartawan dituntut untuk mampu melihat segala kemungkinan di tiap peristiwa. Ini meliputi:

  1. Kemampuan mengenal informasi yang menarik bagi publik
  2. Petunjuk di media lain, sebagai upaya menemukan hal menarik dan penting yang tidak disadari wartawan lainnya
  3. Menemukan kemungkinan bahwa berita lain berhubungan dengan informasi yang sedang dikumpulkan
  4. Mengetahui informasi yang relatif lebih penting daripada lainnya.

Baca juga: Wartawan: Pengertian dan Tujuannya

Observasi

Dalam observasi, wartawan mengamati lingkungan sekitar, mencakup warna, detail, perbedaan, nuansa, dan sebagainya. Sehingga dibutuhkan kepekaan sangat tinggi untuk bisa menghasilkan berita yang menarik melalui observasi.

Keingintahuan

Sikap skeptis atau keraguan merupakan hal yang sangat penting agar wartwawan bisa bertahan dalam pekerjaannya. Sikap ini menimbulkan keingintahuan dalam diri wartawan, dan menghasilkan kreativitas.

Dengan kreativitas yang dimiliki, seorang wartawan tidak lagi menunggu diberikan tugas, melainkan berinisiatif dalam mengembangkan gagasannya.

Mengenal dan menangani berita

Artinya wartawan harus memahami ketentuan berita melalui sejarah dan filsafat surat kabar di mana dia bekerja. Wartawan juga harus memahami bagaimana prosedur dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam penyajian berita.

Ungkapan yang jelas

Wartawan harus bisa mengungkapkan ide dan ekspresinya, baik melalui kata-kata maupun tulisan. Sehingga semua hal yang disampaikan harus diperhatikan agar ungkapannya jelas. Ini meliputi tanda baca, ejaan, nama, alamat, atau lainnya yang disebutkan atau dijelaskan.

Kepribadian yang luwes

Wartawan harus terbuka dan menyesuaikan diri dengan berbagai situasi juga orang yang dijumpainya.

Baca juga: Apa Perbedaan Jurnalis, Wartawan, dan Reporter?

 

Sikapnya tentu berbeda, tergantung latar belakang kehidupan orang yang dihadapinya. Dia harus bisa berhadapan dengan orang yang sopan maupun kasar, pejabat maupun gelandangan, dan lain sebagainya.

Wartawan juga harus bisa mengembangkan kemampuannya untuk berhubungan dengan berbagai lapisan masyarakat, baik horizontal maupun vertikal. 

Kecepatan

Dalam pekerjaannya, tiap wartawan harus bisa bekerja cepat dan efisien. Ini berkaitan dengan deadline yang wajib dipenuhinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com