Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Wawancara dan Reportase dalam Teknik Peliputan Berita

Kompas.com - 07/01/2022, 14:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Perbedaan wawancara dan reportase dalam teknik peliputan berita, terletak pada ruang lingkupnya. Reportase punya ruang lingkup lebih luas. Sementara wawancara (interview) ruang lingkupnya bersifat terbatas.

Wawancara dan reportase termasuk teknik peliputan berita. Dua teknik ini sering kali digunakan jurnalis atau wartawan dalam mengumpulkan informasi dan fakta di lapangan.

Pengertian wawancara dan reportase

Pengertian wawancara

Menurut Khoirul Muslimin dalam buku Jurnalistik Dasar: Jurus Jitu Menulis Berita, Feature, Biografi, Artikel Populer, dan Editorial (2021), wawancara dalam teknik peliputan berita adalah kegiatan berupa percakapan (tanya jawab atau dialog) antara pewawancara, dalam hal ini jurnalis, dengan narasumber.

Tujuan wawancara ialah mendapatkan informasi, penjelasan, atau keterangan mengenai suatu masalah.

Dalam teknik peliputan berita, wawancara menjadi teknik yang paling sering digunakan oleh wartawan.

Pengertian reportase

Mengutip dari buku Cara Praktis Reporter Pemula Memburu Berita (2020) karya Heni Suryani, reportase adalah kegiatan peliputan terencana terhadap tempat, peristiwa, situasi, dan atau kegiatan yang menarik perhatian publik.

Baca juga: Reportase: Pengertian dan 3 Tahapannya

Teknik reportase dilakukan langsung di tempat kejadian oleh reporter, baik perseorangan maupun tim liputan.

Reportase bertujuan untuk memberi informasi kepada masyarakat mengenai lokasi, kejadian, atau kegiatan, sehingga publik bisa mengetahui secara lengkap mengenai informasi tersebut.

Perbedaan wawancara dan reportase

Pembeda Wawancara Reportase
Ruang lingkup Ruang lingkupnya terbatas dan masuk dalam teknik reportase Ruang lingkupnya lebih luas
Cara melakukannya Melakukan tanya jawab terhadap narasumber (manusia) Tidak harus dilakukan kepada manusia, karena bisa dilakukan terhadap peristiwa, kondisi, atau kejadian
Lokasi Tidak harus datang langsung ke tempat kejadian Harus datang langsung ke tempat kejadian
Tujuannya Mendapatkan informasi dari narasumber Memberi informasi agar publik mendapat gambaran mengenai peristiwa

Wawancara dan reportase memang termasuk dalam teknik peliputan berita. Walau sama-sama berorientasi pada pencarian informasi, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan.

Melansir dari buku Menjadi Jurnalis Handal (2019) karya Ridwan Nuh, reportase punya ruang lingkup lebih luas. Sedangkan wawancara termasuk dalam salah satu teknik reportase.

Ciri utama wawancara ialah melakukan tanya jawab terhadap narasumber. Sementara, reportase tidak harus dilakukan kepada manusia. Karena teknik peliputan berita ini bisa dilakukan terhadap peristiwa, kondisi, atau kejadian tertentu.

Baca juga: Nilai Berita: Pengertian dan Kriterianya

Reportase dilakukan dengan datang langsung ke tempat kejadian. Sementara wawancara tidak selalu harus datang ke tempat kejadian. Contohnya wawancara dengan pejabat atau artis yang bisa dilakukan di kantor, rumah, kafe, atau tempat lainnya.

Dari tujuannya pun, wawancara dan reportase berbeda. Wawancara bertujuan untuk mendapatkan informasi dari narasumber. Sedangkan, reportase ditujukan untuk memberi informasi agar publik mendapat gambaran mengenai peristiwa di tempat kejadian.

Wawancara termasuk reportase, karena sering kali jurnalis mewawancarai narasumber saat melakukan peliputan langsung di lokasi kejadian.

Misalnya, ada kejadian bencana alam. Saat melakukan reportase, jurnalis harus mendatangi langsung tempat kejadian, dan wawancara bisa dilakukan kepada warga yang menjadi korban atau pihak pemerintah setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com