Kompas.com - 13/12/2021, 14:00 WIB

KOMPAS.comJurnalis, wartawan, dan reporter sering dianggap sama, karena ketiganya berprofesi sebagai pencari berita. Namun, ada pula yang berpandangan bahwa jurnalis, wartawan, dan reporter merupakan tiga profesi berbeda.

Apa perbedaan jurnalis, wartawan, dan reporter?

Pengertian jurnalis, wartawan, dan reporter

Pengertian jurnalis

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jurnalis diartikan sebagai orang yang pekerjaannya mengumpulkan serta menulis pemberitaan, baik di media massa cetak, ataupun elektronik; wartawan.

Menurut Akhmad Supriyatna, dkk dalam buku Mengembangkan Jurnalistik Sekolah (2021), jurnalis adalah orang yang melakukan kegiatan jurnalistik secara teratur.

Kegiatan jurnalistik yang dimaksudkan adalah proses pencarian, pengumpulan, peliputan, dan penulisan berita untuk selanjutnya disebarluaskan lewat media massa cetak atau elektronik.

Baca juga: Apa Bedanya Jurnalistik dan Jurnalisme?

Pengertian wartawan

Pengertian wartawan dalam KBBI adalah orang yang pekerjaannya mencari serta menyusun berita untuk kemudian dimuat dalam surat kabar, majalah, radio, dan televisi; juru warta; jurnalis.

Dikutip dari buku Hukum, Etika, dan Kebijakan Media: Regulasi, Praktik, dan Teori (2015) karya Radita Gora dan Irwanto, istilah wartawan merupakan pengembangan dari kata ‘warta’ yang artinya berita.

Pengertian reporter

Reporter dalam KBBI diartikan sebagai orang yang pekerjaannya melaporkan (berita peristiwa, dan sebagainya); penyusun laporan; wartawan.

Secara etimologi, reporter berasal dari bahasa Inggris, to report, berarti melaporkan. Hanya saja dalam bahasa Indonesia, akhir katanya ditambahkan akhiran ‘-er’.

Apa perbedaan jurnalis, wartawan, dan reporter?

Melansir dari buku Panduan Lengkap Menulis Artikel, Feature, dan Esai (2006) karya F. Rahardi, jurnalis, wartawan, dan reporter merupakan profesi yang bertugas untuk memperoleh berita dengan cara mendatangi narasumber atau sumber informasi.

Sebenarnya, inti pekerjaan jurnalis, wartawan, dan reporter sama, yakni mencari, meliput, dan memproduksi berita, untuk disebarkan kepada masyarakat.

Baca juga: Jurnalistik: Pengertian dan Karakteristiknya

Perbedaan jurnalis, wartawan, dan reporter terletak pada penggunaan istilah saja. Karena ketiganya tetap punya makna yang sama, yakni profesi pencari berita.

Berbeda perusahaan medianya, penyebutan untuk jurnalis, wartawan, dan reporter biasanya juga berbeda. Ada yang menyebutnya jurnalis, namun ada pula perusahaan media yang menyebut sang pencari berita sebagai wartawan atau reporter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.