Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Perbedaan Jurnalis, Wartawan, dan Reporter?

Kompas.com - 13/12/2021, 14:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comJurnalis, wartawan, dan reporter sering dianggap sama, karena ketiganya berprofesi sebagai pencari berita. Namun, ada pula yang berpandangan bahwa jurnalis, wartawan, dan reporter merupakan tiga profesi berbeda.

Apa perbedaan jurnalis, wartawan, dan reporter?

Pengertian jurnalis, wartawan, dan reporter

Pengertian jurnalis

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jurnalis diartikan sebagai orang yang pekerjaannya mengumpulkan serta menulis pemberitaan, baik di media massa cetak, ataupun elektronik; wartawan.

Menurut Akhmad Supriyatna, dkk dalam buku Mengembangkan Jurnalistik Sekolah (2021), jurnalis adalah orang yang melakukan kegiatan jurnalistik secara teratur.

Kegiatan jurnalistik yang dimaksudkan adalah proses pencarian, pengumpulan, peliputan, dan penulisan berita untuk selanjutnya disebarluaskan lewat media massa cetak atau elektronik.

Baca juga: Apa Bedanya Jurnalistik dan Jurnalisme?

Pengertian wartawan

Pengertian wartawan dalam KBBI adalah orang yang pekerjaannya mencari serta menyusun berita untuk kemudian dimuat dalam surat kabar, majalah, radio, dan televisi; juru warta; jurnalis.

Dikutip dari buku Hukum, Etika, dan Kebijakan Media: Regulasi, Praktik, dan Teori (2015) karya Radita Gora dan Irwanto, istilah wartawan merupakan pengembangan dari kata ‘warta’ yang artinya berita.

Pengertian reporter

Reporter dalam KBBI diartikan sebagai orang yang pekerjaannya melaporkan (berita peristiwa, dan sebagainya); penyusun laporan; wartawan.

Secara etimologi, reporter berasal dari bahasa Inggris, to report, berarti melaporkan. Hanya saja dalam bahasa Indonesia, akhir katanya ditambahkan akhiran ‘-er’.

Apa perbedaan jurnalis, wartawan, dan reporter?

Melansir dari buku Panduan Lengkap Menulis Artikel, Feature, dan Esai (2006) karya F. Rahardi, jurnalis, wartawan, dan reporter merupakan profesi yang bertugas untuk memperoleh berita dengan cara mendatangi narasumber atau sumber informasi.

Sebenarnya, inti pekerjaan jurnalis, wartawan, dan reporter sama, yakni mencari, meliput, dan memproduksi berita, untuk disebarkan kepada masyarakat.

Baca juga: Jurnalistik: Pengertian dan Karakteristiknya

Perbedaan jurnalis, wartawan, dan reporter terletak pada penggunaan istilah saja. Karena ketiganya tetap punya makna yang sama, yakni profesi pencari berita.

Berbeda perusahaan medianya, penyebutan untuk jurnalis, wartawan, dan reporter biasanya juga berbeda. Ada yang menyebutnya jurnalis, namun ada pula perusahaan media yang menyebut sang pencari berita sebagai wartawan atau reporter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com